Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busway: Koridor Siap, Bus Belum Ada

Kompas.com - 09/09/2008, 18:28 WIB

Rencana pengoperasian tiga koridor baru busway terhambat pengadaan bus. Semula, tiga koridor baru itu akan dioperasikan mulai September ini namun sampai saat ini busnya belum tersedia.

Proses lelang untuk pengadaan bus bahkan baru akan dilakukan Desember mendatang dan pemilihan investor untuk operator bus akan dilakukan awal tahun 2009. Diperkirakan, tiga koridor itu baru akan beroperasi pada Oktober tahun depan. Padahal, pembangunan fisik koridor, seperti pembangunan halte dan jembatan penyeberangan orang, sudah hampir rampung.

Kondisi ketidaksiapan armada bus itu telah dilaporkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, akhir pekan lalu. Demikian berdasarkan dokumen laporan Dinas Perhubungan yang diperoleh, Selasa (9/9).

Tiga koridor baru itu adalah koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) sepanjang 26 kilometer, koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) sepanjang 29,9 kilometer, dan koridor 10 (Cililitan-Tanjung Priok) sepanjang 19 kilometer. Ketiga koridor tersebut membutuhkan 206 unit bus, yaitu 45 unit untuk koridor 8, 97 unit untuk koridor 9, dan 64 unit untuk koridor 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com