Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Bekasi Bangun 20 Pasar Tradisional

Kompas.com - 20/09/2008, 17:01 WIB

 

BEKASI,SABTU-Kabupaten Bekasi akan memiliki 20 unit pasar tradisional baru. Pemkab Bekasi sudah berancang-ancang membangun pasar-pasar tradisional untuk mengimbangi tumbuhnya minimarket atau toko swalayan yang kian menjamur.

Rencana membangun pasar tradisional baru itu diungkapkan Wakil Bupati Bekasi, M Darip Mulyana, saat menerima kunjungan rombongan anggota DPR RI Komisi VI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Anwar Sanusi, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (20/9).

"Usaha kecil masyarakat semakin tersisih dan mereka tidak mendapat tempat. Karena itu dalam rencana pembangunan jangka menengah yang sedang kami susun, kami merencanakan membangun sekitar 20 pasar tradisional baru mulai tahun 2009, " kata Darip. Ia menambahkan, Pemkab Bekasi sudah membangun satu unit pasar tradisional di Cibitung. "Pembangunan fisiknya menghabiskan biaya sekitar Rp 1,5 miliar," ujarnya.

Apabila satu unit pasar rata-rata membutuhkan biaya Rp 1,5 miliar untuk pembangunan fisiknya, maka Pemkab Bekasi harus menyiapkan kira-kira Rp 30 miliar untuk membangun 20 pasar tradisional baru. Sebelum membangun pasar tradisional baru di Cibitung, Kabupaten Bekasi hanya memiliki 11 pasar tradisional. Pembangunan pasar tradisional itu, menurut Darip, bertujuan memberi tempat bagi pedagang kecil sehingga akan membangun perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi. (Cokorda Yudistira )  

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com