Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarsan Siapkan "Ilmu Siap" untuk Mudik

Kompas.com - 27/09/2008, 11:31 WIB

Laporan wartawan Kompas.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, SABTU - Pelawak kawakan Tarsan ternyata selalu melakukan tradisi mudik ke kampung halamannya, Malang, Jawa Timur, setiap tahun. Alasan Tarsan, di tempat kelahirannya itu masih ada sang ibu yang kini sudah berusia 100 tahun.

Momen Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggunya setiap tahun. "Meskipun saya sering pulang ke Malang, rasanya beda kalau mudik Lebaran. Ada rasa bangga dan kesenangan sendiri. Apalagi, ibu saya sudah tua. Jadi harus sering dilihat. Dan kalau Lebaran seperti ini, bersyukur masih diberi kesempatan berkumpul," kata Tarsan seusai melepas keberangkatan 750 pemudik yang tergabung dalam "Mudik Nge-Jreng" bareng Hemaviton, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (27/9).

Sebagai orang yang setiap tahun selalu mudik, Tarsan punya sejumlah tips bagi Anda yang akan mudik. Bahkan ia selalu menyiapkan "ilmu siap" ketika mudik tiba. Apa itu "ilmu siap"?

"Ya siap semuanya, siap uang. Itu penting. Kedua, siapkan stamina dan fisik, jangan sampai di kampung halaman malah kecapekan. Pasti akan mengganggu acara berkumpul dengan keluarga," ujar Tarsan.

Yang lain? Ia tak pernah membawa oleh-oleh yang banyak. Sebab, dengan begitu ia tidak perlu ribet membawa banyak tentengan, sehingga lebih menghemat tenaga dan leluasa untuk ngapa-ngapain . "Kalau di daerah tujuan barangnya ada, ngapain repot bawa-bawa. Jadi bawa seperlunya aja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com