Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prijanto: Tahun 2009 Tidak Ada Lagi Sekolah Roboh

Kompas.com - 30/10/2008, 19:29 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

JAKARTA, KAMIS - Pemprov DKI Jakarta berencana meningkatkan anggaran untuk perbaikan sekolah rusak di APBD 2009 sehingga kasus sekolah roboh karena tidak mendapat anggaran rehabilitasi tidak terjadi lagi. "Untuk 2009 diusahakan lebih banyak anggaran dialokasikan agar tidak ada sekolah ambruk," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Prijanto, di Balaikota Jakarta, Kamis (30/10).

Wagub meminta seluruh Suku Dinas (Sudin) dari Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) serta Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) untuk mendata berapa sekolah yang membutuhkan rehabilitasi total sebelum bangunannya roboh. "Jadi, jika misalnya ada 15 sekolah yang dianggarkan untuk rehabilitasi total, saya tidak ingin dengar ada sekolah ke 16, 17 dan seterusnya yang roboh," katanya.

Sementara untuk rehabilitasi sekolah yang terhambat karena terlambatnya pencairan anggaran, Wagub menyebut bahwa rehabilitasi tetap akan diupayakan, jika tidak bisa dalam tahun anggaran yang berlaku maka dianggarkan untuk tahun selanjutnya. "Jika lewat tanggal 15 Desember proyek tidak dikerjakan, maka akan diprogramkan untuk tahun selanjutnya," katanya.

Sebelumnya, Dinas Dikdas mengklaim sebanyak 437 bangunan SD dan SMP di seluruh DKI Jakarta perlu direhabilitasi total sementara dana APBD yang disediakan hanya cukup untuk merenovasi 20 sekolah. Banyaknya jumlah sekolah yang membutuhkan perbaikan itu semakin diperparah dengan musibah banjir tahunan yang membuat banyak gedung sekolah yang tadinya baik menjadi rusak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com