Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Rusak Jadi "Arena" Pancing Lele

Kompas.com - 22/04/2009, 15:52 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Protes adanya jalan rusak yang tak segera diperbaiki, biasanya dengan cara menanam pohon pisang. Tetapi yang kali ini berbeda. Di jalan yang rusak itu ratusan warga justru menebar ikan lele.

Peristiwa itu terjadi Rabu di Kampung Rawa Bambu, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu. Ikan lele sebanyak 34 kilogram ditebar di Jalan Raya Alexindo yang rusak.
    
Warga kemudian melakukan aksi mancing bersama di genangan air yang telah berisi ikan lele di jalan yang rusak tersebut. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemerintah daerah (Pemda) setempat yang belum memperbaiki jalan tersebut.
    
Menurut Uki Ifwa (30), warga setempat yang ikut aksi, warga memblokir ruas jalan sepanjang 700 meter itu sambil menunggu keputusan pemerintah untuk memperbaiki kerusakan jalan.
    
"Kerusakan jalan telah terjadi selama kurang lebih setahun, selama itu warga telah jenuh dengan janji-janji pihak kelurahan yang katanya mau memperbaiki jalan tapi sampai sekarang belum terealisasi," katanya.
    
Kondisi jalan di lingkungan tersebut sudah sangat parah, titik kerusakan tampak dari banyaknya lubang berdiameter besar dengan kedalaman 30 hingga 50 cm dan diperparah dengan keadaan drainase yang sudah tidak berfungsi sehingga air menggenangi jalan.
    
Meski sebelumnya ada upaya perbaikan oleh warga dengan menambal lubang menggunakan pasir dan batu, namun upaya ini tidak terlalu efektif karena banyak kendaraan tonase yang melintas sehingga jalan kembali berlubang.
    
Akibat aksi warga itu, sejumlah kendaraan tidak dapat melintas dan arus dialihkan melalui ruas jalan komplek perumahan Setia Bina Sarana (SBS), Bekasi Utara. Sekretaris Kelurahan Harapan Jaya Sukarso yang dijumpai saat menggelar dialog dengan perwakilan warga mengatakan, keterlambatan penanganan jalan rusak dikarenakan belum adanya instruksi dari Pemda.
    
"Dana perbaikan jalan sudah dialokasikan melalui APBD Kota Bekasi sebesar Rp 855 juta untuk perbaikan Jalan Raya Alexindo sepanjang 900 meter, dan rencananya baru akan dimulai pada awal Juli mendatang," katanya di hadapan warga.
    
Sementara itu, di lokasi yang sama Kapolsek Bekasi Utara AKP Dewi Setyowati meminta kesadaran warga untuk membuka akses jalan guna menghidari kerawanan konflik akibat kondisi tersebut. "Walau jalan saat ini tertutup namun saya minta kesadaran warga untuk segera membuka akses jalan agar tidak mengganggu aktivitas warga pengguna jalan maupun para pedagang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com