Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Kerja Sama, Eh, Malah Gondol Laptop dan Mobil

Kompas.com - 15/05/2009, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hati-hati jika diajak bekerja sama dengan orang yang belum Anda kenal. Bisa jadi, Anda menjadi korban penipuan seperti Andi (sebut saja begitu).

Andi terpaksa kehilangan sebuah mobil dan laptop karena terbujuk ajakan kerja sama dari orang yang tak dikenalnya. Pelaku, Gery alias Boy (37), mengajaknya bekerja sama dalam pembuatan sebuah film.

Setelah itu, mereka pergi dengan mengendarai mobil korban. Di tengah jalan, pelaku tiba-tiba minta mampir di sebuah mal dengan alasan akan menjemput temannya.

Korban diajak ke lantai atas mal dan meminta korban meninggalkan laptopnya di mobil. Sesampainya di lantai atas mal, Gery meminta korban menunggunya karena dia mau menjemput temannya itu.

Untuk meyakinkan korban, pelaku mengembalikan kunci mobil milik korban. Setelah lama menunggu, pelaku tidak muncul juga, akhirnya korban mengecek mobilnya yang ada di parkiran. Ternyata mobil beserta laptopnya sudah hilang. Pelaku diduga menggunakan letter T saat membobol mobil korban.

Kemudian Andi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Metro Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan Polsek Metro Makasar Jakarta Timur. Kejadian ini kemudian ditindaklanjuti Satuan Kejahatan dengan Kekerasan (Sat Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Pelaku akhirnya dapat dibekuk di rumahnya di Kampung Sasak Desa Tegal Kecamatan Kemang, Bogor, pada Kamis (15/5). "Pelaku telah diamankan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Chryshnanda Dwilaksana, kepada wartawan, Jakarta, Jumat (15/5).

Polisi menyita barang bukti empat unit laptop dan enam handphone di rumah pelaku. Kini pelaku mendekam di tahanan Polda Metro Jaya, sedangkan korban dan saksi masih menjalani proses pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com