Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kapal Perang Malaysia Memprovokasi

Kompas.com - 30/05/2009, 17:32 WIB

SAMARINDA, KOMPAS — Tentara Laut Diraja Malaysia kembali memprovokasi TNI Angkatan Laut lewat KD Baung-3509 yang memasuki wilayah kedaulatan Indonesia di perairan Ambalat, Kalimantan Timur, Sabtu (30/5) pagi.

Pada pukul 06.00 Wita, KD Baung berkecepatan 11 knot diketahui masuk sejauh 7,3 mil laut ke wilayah NKRI di tenggara mercusuar Karang Unarang, perairan Ambalat. Demikian kata Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Letnan Kolonel Laut (KH) Tony Saiful dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

Keberadaan kapal serang cepat itu, menurut Tony, berhasil dideteksi oleh KRI Untung Surapati-872 yang sedang berpatroli bersama enam KRI lainnya di Ambalat. Untung Surapati mencoba berkomunikasi dengan Baung, tetapi gagal sebab kapal perang Negeri Jiran itu mematikan radio komunikasinya. "Selain masuk ke wilayah Indonesia, Malaysia melanggar aturan pelayaran internasional karena mematikan radio komunikasinya," katanya.

Akibatnya, lanjut Tony, KRI Untung Surapati berupaya mengusir KD Baung dari wilayah NKRI dibantu dua KRI lainnya. "Pada pukul 07.12 Wita, KD Baung berhasil diusir keluar dari wilayah Indonesia," katanya.

Tony menyatakan, KD Baung berani memasuki wilayah Indonesia mungkin didukung satu helikopter yang diketahui terbang di perbatasan. "Kami belum berhasil mengetahui jenis helikopter itu," katanya.

Sebanyak 7 KRI milik TNI Angkatan Laut masih berpatroli di Ambalat untuk mengantisipasi kembalinya aksi provokasi oleh Malaysia. Karena kapal-kapal Malaysia masih saja berani masuk ke wilayah Indonesia, 3 KRI kini berpatroli amat dekat dari perbatasan antarnegara.  

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com