Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri: Bom Itu "Low Explosive"

Kompas.com - 17/07/2009, 16:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan, bom yang meledakkan Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton merupakan jenis low explosive. Tim penjinak bom hanya menemukan black powder pada bekas ledakan.

"Tim penjinak bom sedang mengolah TKP. Setelah melihat bekas dan lubangnya, dari fakta di lapangan, bomnya berjenis low explosive. Bukan high explosive," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Nanan Sukarna, dalam konferensi pers bersama Gubernur DKI Jakarta, di Menara Belagio, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (17/7).

Begitupun dengan bom aktif yang ditemukan di kamar 1808 Hotel JW Marriott. Setelah diurai oleh tim penjinak bom, peledak tersebut juga termasuk dalam kategori low explosive.

Sebelumnya, Menteri Politik Hukum dan Keamanan Widodo AS mengatakan, bom yang meledak di kedua hotel tersebut berkekuatan ledak tinggi.

Pada pukul 07.47.12, Jumat (17/7), terjadi ledakan di lantai dua Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta. Ini merupakan kedua kalinya hotel tersebut menjadi sasaran bom dari orang tak bertanggung jawab. Sepuluh menit kemudian (pukul 07.57.00), ledakan juga terjadi di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta.

Sampai saat ini, tim kepolisian masih melakukan olah TKP. Polri juga menerapkan siaga I untuk seluruh anggota kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com