Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Santri di Tangerang Suspect Flu Babi

Kompas.com - 21/07/2009, 19:49 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Dalam waktu lima hari, sejak Jumat (17/7) hingga Selasa (21/7), 300 santri Pondok Pesantren Dar-Qolam, Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi suspect penderita influenza A-H1N1 atau flu babi. "Kini penyebarannya makin meluas dan sampai hari ini sudah 300 santri yang diduga suspect flu babi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Hani Heryanto di Tangerang, Selasa.

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah suspect flu babi di kompleks pesantren begitu cepat. Dari 4.000 santri penghuni pesantren yang diisolasi, di satu ruang asrama yang ditempati 400 santri terdapat sekitar 300 santri yang jadi suspect. "Sulit bagi kami untuk mematahkan penyebaran penyakit ini, dalam sehari bisa lima hingga sepuluh santri yang tertular," kata Hani.

Hani mengakui, cepatnya penambahan jumlah penderita suspect flu babi di kompleks pesantren tersebut karena para santri yang mengalami demam tetap berada dalam satu ruang dengan santri yang bukan suspect flu babi. "Setelah mereka diberikan obat tamiflu, santri, baik penderita suspect flu babi maupun yang tidak, tidur bersama dalam satu ruang asrama. Hal inilah yang menjadi sebab begitu cepat meluasnya penyebaran penyakit itu ke beberapa santri lainnya," kata Hani.
 
Ia mengatakan, tidak hanya para santri yang terserang suspect flu babi, sejumlah pendidik pondok pesantren Dar-Qolam juga mengalami hal serupa. "Puluhan guru juga mengalami panas demam dalam beberapa hari terakhir ini karena melakukan kontak dengan para santri yang sebelumnya jadi suspect flu babi. Perhatian lebih para guru itu kepada ribuan santrinya yang berada di kompleks pesantren membuat mereka juga tertular," ungkap Hani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com