Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RBT Mbah Surip Diaktivasi 130.000 Pelanggan Indosat dan XL

Kompas.com - 04/08/2009, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lagu "Tak Gendong" milik penyanyi sepuh almarhum Mbah Surip telah diaktivasi oleh lebih dari 60.000 pelanggan Indosat.

"Jumlah pelanggan yang mengaktifkan RBT (ring-back tone) Mbah Surip dari Februari 2009 sampai Juni 2009 saja sekitar 60.000 pelanggan," kata Division Head Content Management Indosat Dhoya Sugarda yang dihubungi, Selasa (4/8) di Jakarta.

Meskipun belum dihitung secara detail, Dhoya mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 3.500 pelanggan Indosat yang mengaktivasi bulanan dengan biaya Rp 7.000 dan ada 51.500 pelanggan Indosat yang mengaktivasi mingguan dengan Rp 3.000. "Untuk pendapatan dari RBT Mbah Surip, kita belum tahu karena kita belum hitung," kata Dhoya.

Dia juga enggan menjelaskan lebih lanjut, berapa persen dari pendapatan RBT untuk Mbah Surip. Alasannya karena kerja sama Indosat itu melalui label tempat Mbah Surip bernaung.

Indosat sendiri belum melakukan rencana apa pun terkait dengan meninggalnya Mbah Surip. "Sampai detik ini, belum ada rencana apa-apa karena masih koordinasi dengan label dan CP (content provider), mereka akan melakukan apa," tambah Dhoya.

Sementara itu, sekitar 70.000 pelanggan operator XL menggunakan "Lagu Tak Gendong" sebagai RBT. Demikian dikatakan GM Corporate Communication XL Myra Junor di Jakarta, Selasa.

Jumlah pengguna RBT Mbah Surip tersebut terhitung mulai 17 Juni 2008 sampai dengan saat ini. "Tak Gendong" termasuk RBT populer karena masuk dalam Top 10 dalam dua bulan terakhir.

Mengenai iklan XL yang menampilkan Mbah Surip sebagai salah satu bintang iklan, Myra mengatakan, saat ini tengah dilakukan proses editing sehingga mulai 10 Agustus dan selanjutnya iklan tersebut sudah tidak akan menampilkan seniman yang meninggal Selasa pagi itu.

Mbah Surip (60) meninggal dunia Selasa pagi dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes), Kramat Jati, Jakarta Timur. Pemilik nama lengkap Urip Ariyanto itu lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 5 Mei 1949.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com