Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Perbelanjaan, Tempat Ngabuburit Warga Ibu Kota

Kompas.com - 22/08/2009, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka, biasanya dilakukan di taman atau pun di Masjid. Warga ibu kota mempunyai kebiasaan sendiri untuk menunggu saat berbuka puasa. Mereka menjadikan pusat perbelanjaan sebagai tempat ngabuburit. Sehingga pada sore hari mendekati beduk maghrib, pusat perbelanjaan ramai didatangi pengunjung.

Seperti yang terlihat di Plaza Semanggi, sejak pukul 16.30, pusat perbelanjaan itu tampak pengunjung. Kebanyakan dari mereka memang sengaja datang untuk berbuka di Plasa Semanggi. Sembari menunggu waktu berbuka, mereka pun berkeliling mall tersebut.

Seperti yang dilakukan Cecilia (26) sebelum azan maghrib berkumandang, ia menyempatkan diri memasuki beberapa toko pakaian. Warga asal Grogol ini mengaku sengaja datang ke Plasa Semanggi untuk ngabuburit.

"Memang mau ngabuburit disini, sekalian cari baju. Sudah lama enggak kesini," ujar wanita yang datang bersama dua orang rekannya ini.

Ia mengaku, tradisi ngabuburit di mall kerap ia lakukan. Dengan berkeliling di mall, waktu berbuka terasa datang lebih cepat. Anita (35) juga melakukan hal yang serupa. Dirinya sengaja mengajak kedua anaknya untuk ngabuburit di mall.

"Sekalian buka, tapi sebelum itu jalan-jalan dulu," ujarnya seraya tersenyum. Selain berbuka, Anita juga mempunyai tujuan lain. Dirinya ingin membelikan sepatu baru bagi si sulung.

Anita mengaku hanya sesekali ngabuburit di mall. "Hanya week end saja begini. Kalau hari-hari biasa ya nunggu bukanya di rumah," ujarnya.

Suasana ngabuburit pun semakin ramai, pasalnya pihak pengelola pusat perbelanjaan mengadakan acara perkusi. Beberapa pengunjung tampak menikmati hiburan tersebut.

Pantauan kompas.com, semakin sore makin banyak pengunjung yang berdatangan. Rata-rata mereka datang bersama keluarga atau teman sebaya. Sebelum waktu berbuka, mereka menyempatkan diri mengunjungi toko-toko yang ada. Food court maupun restoran mulai tampak dipenuhi pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com