Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkat, Transaksi Pakaian di Blok A Tanah Abang

Kompas.com - 24/08/2009, 23:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat pembelian pakaian di Pasar Tanah Abang Blok A meningkat di awal Ramadhan tahun ini. Menurut hasil pengamatan, pembelian cenderung meningkat sejak seminggu sebelum puasa. Pada bagian pakaian muslim, para pedagang mengaku harga masih stabil. Diperkirakan permintaan akan kembali meningkat pada dua minggu menjelang Lebaran.

Sedangkan untuk selera yang kini digemari, menurut Yera salah satu pedagang di blok A, tidak ada yang dominan. Selera pembeli bermacam-macam.

Di lantai tekstil, penjualan dikatakan normal. Hal ini menurut Kiki salah satu pedagang karena tekstil penjualannya cenderung stabil tidak seperti baju jadi. Namun menjelang lebaran nanti Kiki menambahkan kemungkinan akan ada peningkatan permintaan seminggu sebelumnya.

Untuk pakaian anak harga juga dikatakan stabil. Menurut salah satu pedagang, Mensin, biasanya para pembeli ramai berbelanja pakaian anak sejak sebulan sebelum bulan Ramadhan. "Harganya sama saja kecuali kalau harga bahan naik baru baju naik juga," tambahnya.

Untuk perlengkapan ibadah seperti sarung dan mukena harga juga stabil. Menurut Darlin pedagang sarung di Blok A, justru tahun ini trennya sedang menurun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena itu ia tidak bisa memprediksi kenaikan harga ataupun permintaan menjelang Lebaran.

Pada penjualan mukena menurut Abdullah pedagang lainnya, pembelian meningkat memasuki Ramadhan. Tetapi harga yang dipatok masih standar menurutnya, yaitu dari Rp 30.000 hingga Rp 200.000 untuk satu pasang mukena. Mengenai peningkatan permintaan menjelang Lebaran, ia mengatakan, "Wallahualam, tidak tentu tapi rejeki pasti ada saja."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com