Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Penjaringan Hanguskan Ratusan Rumah

Kompas.com - 27/09/2009, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan rumah di RT 06 RW 12 Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, ludes dilalap si jago merah, Minggu (27/9). Kebakaran cepat merambat ke bangunan lain karena sebagian besar terbuat dari kayu. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.40 itu sontak membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Sejauh ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Namun, puluhan mobil pemadam kebakaran dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara sudah tiba di lokasi. "Tiba-tiba saja api besar dan merembet ke bangunan lain, termasuk 20 kontrakan saya juga ludes," kata Piter Kasim (32).

Yeyen (31), salah satu penghuni kontrakan, terlihat sedih. Sebab, seluruh surat-surat berharga miliknya juga turut terbakar. "Kalau uang sih tidak apa-apalah, tapi surat-surat penting saya turut terbakar," kata Yeyen.

Bahkan, sebagian penghuni kontrakan terlihat ada yang berusaha nekat menerobos kobaran api. Beruntung, ia cepat kembali setelah diingatkan salah satu temannya. "Jangan masuk! Jangan masuk, bahaya," teriak salah satu penghuni kontrakan yang tak jauh dari tempat Yeyen berdiri.

Petugas pemadam pun mengaku kesulitan memadamkan api karena sumber air cukup sulit. "Sumber air hanya ada dua. Karena itu, mobil harus bolak-balik," kata Supirman, Komandan Regu Damkar dan PB Jakut.

Karena cukup sulit dipadamkan, api yang berkobar di permukiman kini sudah menjalar ke Rumah Susun Tanah Merah. Atap rusun tersebut sudah mulai dijilat lidah api. Tak pelak, penghuni rusun pun berhamburan ke luar dengan membawa sejumlah barang-barang berharga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com