Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Stasiun Beos Dipastikan Mengikuti Kerja Bakti

Kompas.com - 30/10/2009, 06:32 WIB
 

JAKARTA, KOMPAS.com -Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Rospen Sitindjak memastikan bahwa mantan Kepala Stasiun Beos, Jatun, ikut dalam kegiatan kerja bakti di Stasiun Pasar Senen, Sabtu lalu.

”Saya tahu betul, Kepala Stasiun Beos ikut kerja bakti dalam rangka Bedah Lintas di Stasiun Pasar Senen hingga Stasiun Jatinegara, karena saat itu saya juga ikut bersih stasiun,” ucap Sitindjak, Kamis (29/10).

Jatun dicopot dari jabatan sebagai Kepala Stasiun Beos hari Sabtu pagi. Ketika itu, Menteri Perhubungan Freddy Numberi melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Beos dan tidak mendapati kepala atau wakil kepala stasiun ada di tempat. Wakil Kepala Stasiun Beos juga diganti bersamaan dengan penggantian Jatun.

Bedah Lintas merupakan kegiatan gabungan yang diprakarsai Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan diikuti PT KA serta sejumlah elemen masyarakat. Kegiatan diadakan untuk membersihkan area stasiun dalam rangka menyongsong penilaian Adipura. Di Jakarta Pusat, sejumlah stasiun menjadi titik penilaian Adipura, antara lain Stasiun Pasar Senen, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Gambir.

Bedah Lintas di Stasiun Senen diikuti 60 kepala stasiun di Jakarta. Kegiatan ini melibatkan sekitar 700 orang. Kemarin, Bedah Lintas diadakan di Stasiun Kemayoran.

Kepala Stasiun Kemayoran Gadin juga melihat langsung Kepala Stasiun Beos ikut kegiatan Bedah Lintas di Stasiun Pasar Senen.

”Saya dan kepala stasiun lain di Jakarta ikut kegiatan ini. Bedah Lintas membersihkan rumput di rel serta permukiman liar di jalur kereta api. Hal ini sangat positif karena jalur kereta kerap dijadikan permukiman liar. Selain itu, banyak pihak yang berusaha masuk ke stasiun sehingga tidak jarang stasiun menjadi kumuh,” papar Gadin.

Terus dibersihkan

Stasiun Beos terus dibersihkan seusai inspeksi mendadak Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Sabtu lalu.

Kepala Stasiun Beos Rudi Krisno Anggoro yang baru sehari menjabat berkeliling memeriksa stasiun dan kawasan sekitar.    Dalam pantauan, kamar mandi, jalur pemberangkatan, dan beberapa ruangan di Stasiun Beos sedang diperbaiki dan dibersihkan.

”Kalau di sini kotor, lebih karena penumpang tidak punya kesadaran,” kata Noni, pelanggan tetap kereta Jakarta-Bogor. Dia berharap masyarakat juga dididik dan ditindak jika membuang sampah sembarangan. (ART/ONG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com