Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah-bocah Itu Harus Menghidupi Keluarganya

Kompas.com - 21/11/2009, 05:21 WIB

KOMPAS.com- Jarum jam sudah menunjukkan hampir pukul 20.00, tetapi Darma (7) dan Junaidi (9), masih berkeliaram di Stasiun Kereta Api Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

Bukan karena malas belajar, lagi bermain-main, apalagi hendak bepergian bersama orangtuanya. Mereka sedang bekerja mencari uang untuk menghidupi keluarganya dengan cara mengamen. Menggunakan botol bekas air minum kemasan yang diisi beras sebagai musik pengiring, mereka "menjual" suaranya yang jauh dari merdu itu kepada para calon penumpang kereta yang sudah tidak berjubel.

"Uangnya buat ibu. Buat beli baju sekolah. Buat makan, bantu-bantu orang tua," kata Junaidi yang berkulit gelap itu.

Alasan serupa disampaikan Darma. "Ayah supir taksi, tapi sekarang gak kerja. Ibu juga gak kerja. Tinggal aku cari duit," katanya polos.

Dalam perbincangan dengan Kompas.com di sela-sela kegiatannya mencari uang untuk keluarga, Darma dan Junaidi mengaku masih sekolah. Seperti anak-anak lainnya, setiap pagi mereka pergi ke sekolah. Bedanya, kalau anak-anak lain bisa belajar dengan tenang, di malam hari Darma dan Junaidi masih harus mengamen untuk menghidupi keluarganya.

Biasanya, mereka menyempatkan diri beristirahat sejenak sepulangnya dari sekolah. Juga mengerjakan tugas-tugas sekolah. Ketika menjelang sore, keduanya mulai beranjak ke stasiun untuk mengamen.

Dalam sehari, mereka mengaku bisa mendapatkan uang Rp 20.000-Rp 50.000. "Hari ini Darma dapat lima puluh ribu," kata Junaidi yang mengaku baru dapat Rp 20.000. Tak ada rasa iri ketika bicara soal penghasilan yang jauh berbeda itu.

"Dia udah dari pagian. Aku baru keluar, jadi baru dapet dua puluh ribu," Junaidi memberi alasan. Maksudnya, Darma berangkat mengamen lebih awal dibandingkan dirinya.

Cita-cita sederhana

Darma dan Junaidi adalah potret anak-anak dari keluarga miskin di perkotaan Indonesia yang harus menjalani hidup dengan kerja keras di usianya yang masih sangat belia. Mereka tak pernah tahu dan juga tak hirau bahwa sebenarnya hak-haknya sebagai anak telah terlanggar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com