Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermimpi Bersama Obama di Taman Menteng

Kompas.com - 10/12/2009, 14:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Siapa tak kenal Barrack Obama, Presiden AS ke 44 sekaligus peraih Nobel perdamaian dunia. Ia pernah tumbuh dan berkembang di Jakarta semasa kecilnya. Kini usai terpilih sebagai pemimpin negara adidaya itu, Obama menjadi salah satu tokoh dunia yang sangat berpengaruh.

Karena latar belakang hidupnya, Obama pun menjadi kebanggaan Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan patung yang menggambarkan sosok Barrack Obama semasa kecilnya. Patung itu berdiri di Taman Menteng. Inilah patung kenangan tentang masa kecil Obama yang dulu biasa tumbuh, berkembang, bermain, dan belajar di sekitar kawasan yang kini menjadi Taman Menteng.

"Patung ini mengingatkan, Obama dulu sering sekali bermain di sekitar sini. Dan sekarang dia adalah pemimpin dunia," demikian dikatakan Ron Muellers Ketua Yayasan "Friends of Obama" dalam sambutannya pada peresmian patung Barrack Obama, Kamis (10/12/09).

Banyak makna yang ditampilkan oleh patung setinggi total dua meter ini yang menampilkan sosok Obama kecil itu. Tampak Obama kecil yang mengenakan kemeja dan celana pendek itu tengah menyentuh sebuah kupu-kupu. Kupu-kupu, kata Ron, menggambarkan sebuah transformasi dari Obama kecil yang bukan siapa-siapa namun kini sudah berhasil menjadi salah satu pemimpin besar dunia. Patung Obama yang terbuat dari perunggu ini pun mengenakan sebuah kalung bernama Polinesia. Kalung ini merupakan simbol perdamaian dunia yang selalu diperjuangkan Obama.

Patung ini memang secara khusus didedikasikan bagi anak-anak Indonesia agar bisa meneladani sosok Barrack Obama. Keberhasilannya meraih mimpi, kata Ron, bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia bahwa apapun bisa diraih dengan kegigihan dan perjuangan.

Didasar patung pun tertuliskan kata-kata dari Obama yang bisa menimbulkan inspirasi bagi siapapun bagi yang membacanya. "The future belongs to those who believe in the power of their dreams"

Diletakkan di tengah-tengah taman, patung ini menarik minat perhatian seluruh pengunjung Taman Menteng pada peresmiannya hari ini. Sejumlah remaja dan anak-anak sekolah menghampiri patung untuk melihat-lihat serta berfoto.

Ron berharap agar patung ini tidak hanya menjadi sekadar penghias taman saja, namun betul-betul menjadi isnpirasi dan bahan perenungan bagi siapapun untuk berani "bermimpi" seperti Obama. Yuk lihat patung Obama di Taman Menteng..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com