Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan "Serbu" Ancol dan TMII

Kompas.com - 18/12/2009, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki liburan akhir pekan yang dimulai dengan libur Tahun Baru Islam 1431 H, Jumat (18/12/2009), dua destinasi wisata di Jakarta, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai dipadati pengunjung. Liburan panjang menjelang akhir tahun ini mulai dimanfaatkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berwisata.

Hingga pukul 16.30, tidak kurang dari 34 ribu pengunjung memadati kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Humas Taman Impian Jaya Ancol, Sofia Cakti memperkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah menjelang malam. Terutama untuk kawasan pantai Ancol yang menyajikan berbagai wisata kuliner di malam hari. "Prediksinya hingga tengah malam nanti diharapkan mendekati 40 ribu pengunjung," kata Sofia.

Pada libur akhir pekan ini, kata Sofia, pihak Ancol sudah mempersiapkan berbagai acara yang menjadi rangkaian berbagai atraksi hiburan akhir tahun. Mulai dari pertunjukan international, atraksi superhero Wolverine dan Scorpion Pirates, hingga pameran budaya yang memamerkan keramik dari berbagai negara di Pasar Festival. "Dengan berbagai pertunjukan menarik itu, diperkirakan akan terjadi penambahan pengunjung lagi pada Sabtu dan Minggu," tambahnya.

Hal serupa juga terjadi di Taman Mini Indonesia Indah. Sepanjang hari ini, kata Humas TMII Jerry Lahama, tercatat lebih dari 15 ribu pengunjung memadati berbagai anjungan di TMII. Hal ini meningkat pesat jika dibandingkan akhir pekan biasanya yang sekitar 10 ribu orang. "Kemungkinan untuk Sabtu dan Minggu akan lebih banyak lagi karena ada berbagai rombongan dari luar Jakarta yang mengikuti rangkaian acara di TMII," tutur Jerry.

Libur akhir pekan ini, kata Jerry, TMII memang menggelar berbagai persembahan budaya. Hal ini dimulai sejak kemarin dengan menggelar Kirab Budaya Malam Satu Suro. "Untuk besok, di tiap-tiap anjungan punya acara-acara sendiri-sendiri. Seperti di anjungan Aceh akan ada festival tari Saman yang diikuti 25 SMU," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com