Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Situ Gintung Mulai Diusir Dari Tempat Pengungsian

Kompas.com - 31/01/2010, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Belum genap setahun musibah jebolnya tanggul Situ Gintung, namun para korban sudah diminta meninggalkan tempat penampungan sementara di Wisma Kertamukti II. Saat ini, masih ada lima kepala keluarga yang tinggal di penampungan tersebut.

Bina (38), salah satu pengungsi Kertamukti II mengaku telah menerima surat pemberitahuan untuk mengosongkan penampungan tersebut pada 2 Desember 2009 lalu. "Waktu itu ada Satpol PP kesini dua truk. Dia menyerahkan surat itu tanggal 2 Desember, tetapi suratnya tertanggal 26 November. Warga diminta mengosongkan penampungan ini 14 hari setelah tanggal yang tertera di surat itu," kisahnya saat ditemui di penampungan Kertamukti II, Tangerang, Sabtu (30/1/2010).

Keruan saja warga ketakutan dan meninggalkan penampungan. Umumnya, mereka mencari rumah kontrakan baru, hingga saat ini tinggal tersisa lima kepala keluarga.

"Kan kalau berdasarkan peraturan per-Undang-Undangan, yang namanya pengungsi itu dia terpaksa atau meninggalkan tempat tingggalnya dan ditampung di pengungsian dalam waktu yang tidak ditentukan. Kaitannya dengan bencana, harus ada program rehabilitasi dan rekonstruksi dulu baru diusir," papar ayah dua anak ini, kesal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com