Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditelantarkan Orangtuanya, Tiga Anak Kelaparan

Kompas.com - 03/02/2010, 10:27 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Tiga anak sengaja ditelantarkan oleh suami-istri, Leri (25) dan Diana (23) di sebuah rumah kontrakan di Jalan Pulo Indah Asri, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, sejak Senin (25/1/2010). Mereka melakukan itu karena diduga sering cekcok dalam rumah tangga. Ketiga anak itu adalah Farel (3), Rafal (2), dan Putri Aprilia (9 bulan).

Karena ayah dan ibunya tidak kunjung pulang, warga sekitar kontrakan yang sempat mengasuh ketiga anak balita itu akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polsek Cipondoh, Selasa (2/2/2010) tengah malam.

Kepala Polsek Cipondoh AKP Sukarna Jaya Atmaja mengatakan, berdasarkan keterangan tetangga, suami-istri itu mengontrak rumah Ny Gultom sejak lima bulan lalu. Dalam laporan tetangganya, Leri dan Diana sering cekcok mulut.

"Puncak keributan itu terjadi Senin (25/1/2010). Setelah berantem, Diana meninggalkan rumah begitu saja tanpa membawa ketiga anaknya. Pada malam harinya, Leri beranjak dari rumah di saat ketiga anak tersebut sedang tertidur lelap," papar Sukarna, Rabu (3/2/2010).

Selasa, keesokan harinya, ketiga anak tersebut menangis histeris sehingga terdengar oleh pemilik kontrakan yang langsung menghampiri rumah tersebut.

"Awalnya pemilik kontrakan itu menduga mereka berantem. Karena anak-anaknya menangis berkepanjangan, ia merasa curiga dan mencoba mengintip dari balik kaca jendela," ujar Sukarna kepada Kompas.

Pemilik mendapatkan rumah kontrakan tersebut digembok. Selanjutnya, ia berusaha mengetok-ngetok pintu rumah itu. Karena kedua orangtua mereka tidak kunjung keluar, akhirnya pemilik kontrakan memberitahukan kepada beberapa tetangga. Selanjutnya, warga langsung mendobrak daun pintu rumah. "Begitu pintu terbuka, kondisi ketiga anak itu sudah lemas diduga karena kelaparan," kata Sukarna.

Sejak saat itu ketiga anak balita tersebut dirawat oleh tetangga yang merasa prihatin. Hingga berhari-hari orangtuanya tidak pulang, warga akhirnya sepakat menyerahkan ketiga anak balita itu ke Polsek Cipondoh.

Dititipkan

Sukarna menjelaskan, untuk sementara Farel dan Rafal dititipkan ke Yayasan Yadin di Nerogtog, Cipondoh, Tangerang, untuk dirawat. Sementara itu, Putri Aprilia dititipkan di tetanggannya dengan membuat surat pernyataan. "Mereka kami titipkan agar kesehatan lebih terjamin," papar Sukarna.

Sejak tinggal di rumah kontrakan itu, Sukarna menjelaskan bahwa kehidupan ekonomi Diana, yang bekerja di salah satu tempat hiburan malam, Jakarta, pas-pasan. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, mereka bergantung pada bantuan para tetangga. "Dulunya suami Diana, Leri, bekerja sebagai sopir. Tapi, setelah beberapa bulan tinggal di rumah kontrakan ini berhenti," ujar Sukarna lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com