Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lho, Spanduk Nur Mahmudi-Gus Dur Diturunkan Banser NU

Kompas.com - 01/03/2010, 15:05 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Puluhan spanduk bergambar Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail bersama KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diturunkan oleh Banser Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok karena dinilai tidak memiliki izin dan secara etika tidak pantas.

"Jangan manfaatkan Gus Dur untuk menarik massa NU di Kota Depok," kata Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Burhanuddin Marzuki di sela-sela penurunan spanduk tersebut di Jalan Kartini Depok, Jawa Barat, Senin (1/3/2010).

Burhanuddin mengatakan, spanduk yang diturunkan tersebut akan dibawa ke keluarga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, untuk menanyakan langsung apakah memang keluarga Gus Dur telah merestui atau tidak foto Gus Dur bersama Nur Mahmudi di spanduk tersebut.

"Kami akan tanya langsung apakah foto sudah mendapat izin atau belum," katanya.

Spanduk berwarna putih dan hijau yang terbentang di Jalan Kartini tersebut di bagian atas bertuliskan "NU Depok", di bagian tengah bertuliskan "Nur Mahmudi Ismail untuk Kota Depok", dan di samping sebelah kiri bergambar Gus Dur berbentuk lingkaran yang bertuliskan "Masyarakat Pecinta Gus Dur", serta di sebelah kanan bergambar Nur Mahmudi Ismail.

Burhanuddin menilai bahwa adanya foto Gus Dur tersebut merupakan suatu penghinaan karena tokoh NU tersebut belum genap 100 hari meninggal dunia.

Dikatakannya, pemasangan spanduk itu dinilai kental nuansa pencitraan dan memanfaatkan Gus Dur untuk mendulang suara menjelang Pilkada Depok Juni 2010.

Menurut Burhanuddin, selain di Jalan Kartini ada beberapa spanduk juga yang telah terpasang, seperti di Jalan Pitara, Pancoran Mas, Jalan Margonda, dan Jalan Sawangan.

"Saya tidak tahu siapa yang memasang, tapi kayaknya baru tadi malam dipasangnya," katanya.

Untuk itu, dia mengatakan akan menggelar rapat untuk menanyakan siapa yang memasang sanduk tersebut. Burhanudin menegaskan, sikap NU menjelang Pilkada Depok adalah netral dan tak berpihak ke mana pun. Pemasangan spanduk tersebut, kata Burhanudin, sudah menyalahi etika dan tidak pas jika Nur Mahmudi disejajarkan dengan tokoh besar NU sekelas Gus Dur.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengaku tidak tahu-menahu mengenai pemasangan spanduk tersebut. Dia juga enggan menjelaskan permasalahan tersebut.

"Saya saja belum lihat spanduknya seperti apa, dan tidak mengetahui siapa yang memasang spanduk tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com