Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Karet Sambut Antusias KTP Keliling

Kompas.com - 01/05/2010, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggelar pelayanan kartu tanda penduduk atau KTP keliling di halaman masjid di Jalan Pedurenan, Karet Kuningan, Sabtu (1/5/2010). Kali ini ditujukan untuk warga Kelurahan Karet Kuningan.

"Warga dapat memperpanjang KTP tanpa biaya lewat pelayanan KTP keliling hari ini sesuai dengan yang dijadwalkan oleh dinas kependudukan," ungkap Maulani, Lurah Karet Kuningan, saat ditemui di sela-sela pelayan. Maulani mengungkapkan, pelayanan ini tidak hanya untuk warga yang KTP-nya habis masa berlaku, tetapi juga untuk warga yang ingin memperbarui KTP.

"Ada juga yang memperbarui KTP karena data NIK di KTP-nya masih NIK lama. Sekarang kan sudah NIK nasional," kata Maulani.

Adapun untuk KTP baru, Maulani mengatakan, pembuatan KTP baru di pelayanan KTP keliling hanya bisa dilakukan bila telah mempunyai nomor induk kependudukan (NIK) nasional.

Warga Karet Kuningan menyambut antusias pelayanan KTP keliling ini. Salah satunya, Widjayanti, warga RT 11 RW 4. Dia mengungkapkan, pelayanan seperti ini sangat membantu warga. "Pelayanan seperti ini sangat diperlukan, terutama bagi orang yang kerja dan hari biasa tidak bisa ke kelurahan," katanya.

Widjayanti menambahkan, warga cukup membawa surat pengantar dari RT dan RW setempat serta KTP yang sudah habis masa berlakunya. Kemudian warga mengisi formulir administrasi. "Setelah itu, hanya sekitar 10 menit KTP sudah jadi. Prosesnya cepat, terus gratis lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com