Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Liar, 21 Kendaraan Ditertibkan

Kompas.com - 10/08/2010, 21:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya 21 kendaraan pribadi yang tengah parkir di depan Pasar Pramuka, Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur berhasil ditertibkan petugas gabungan, Selasa (10/8/2010). Penertiban terpaksa dilakukan, karena seluruh kendaraan itu dengan sengaja parkir bukan pada tempatnya sehingga mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Rencananya, operasi serupa akan rutin digelar selama bulan Ramadhan nanti.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Anggiat Banjar Nahor, mengatakan dari 21 kendaraan yang ditertibkan, 10 diantaranya langsung dikenakan sanksi tilang oleh petugas kepolisian yang turut serta dalam operasi tersebut. Sedangkan 11 kendaraan lainnya hingga kini masih digembok oleh petugas. Nantinya, jika si pemilik kendaraan yang digembok itu datang, maka petugas juga akan melakukan sanksi tilang seperti yang dilakukan terhadap 10 pemilik kendaraan sebelumnya. Sebaliknya, jika pemiliknya tidak datang juga, makan akan langsung diderek ke Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Timur di kawasan Rawamangun.

"Penggembokan ini kami gencarkan kembali karena di beberapa titik, parkir liar sudah kembali menjamur. Kalau tidak ditertibkan akan mengganggu ketertiban umum. Tindakan ini juga untuk memberikan efek jera pada mereka yang kerap melakukan pelanggaran lalu lintas dan ketertiban umum," ujar Nahor. Ia juga berjanji akan terus melakukan penertiban terhadap kendaraan yang parkir di sembarang tempat.

Dalam operasi itu, sebanyak 31 petugas diterjunkan ke lapangan. Mereka terdiri dari 25 petugas Sudin Perhubungan dan empat petugas kepolisian serta dua petugas UPT Perparkiran. Setiap melakukan penertiban, petugas selalu dibekali 40 unit alat gembok.

Di sejumlah titik di Jakarta Timur, belakangan ini memang marak kendaraan yang parkir di tempat terlarang. Ironisnya, mereka terkesan dibiarkan begitu saja sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas. Beberapa titik yang kerap terdapat parkir liar antara lain, Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat dan Timur, Jalan Otista, Jalan Dewi Sartika, Jalan MT Haryono, dan sejumlah titik lainnya.

Nahor berjanji akan kembali melakukan penertiban parkir liar pada Rabu (11/8/2010) besok dan seterusnya. Sasaran utama berikutnya adalah parkir liar di kawasan Jatinegara dan Matraman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com