Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadaan Transjakarta Koridor 9-10 Dicicil

Kompas.com - 11/10/2010, 16:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyediaan bus transjakarta di koridor 9 dan 10 tidak dapat dituntaskan hingga akhir tahun ini. Dari 139 bus yang direncanakan, 45 unit di antaranya baru akan disediakan pada tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengatakan, saat ini pengadaan bus transjakarta sedang dilakukan untuk 94 bus, yakni 25 bus gandeng dan 69 bus tunggal. Pengadaan bus-bus tersebut diharapkan bisa selesai pada 1 Desember sebelum pengoperasian bus transjakarta koridor 9 (Pinangranti-Pluit) dan koridor 10 (Cililitan-Tanjung Priok) pada akhir Desember nanti.

"Yang 45 (bus) ini akan meluncur pada 2011, tapi tidak sampai akhir tahun, mungkin di pertengahan tahun. Ini karena masih ada masalah administrasi lelang dan sebagainya," kata Pristono di sela-sela diskusi publik tentang upaya mengatasi kemacetan di Jakarta, Senin (11/10/2010) siang.

Mengenai bus transjakarta koridor 11 dan 12, Pristono meyakinkan bahwa kedua koridor dengan rute Pulo Gebang-Kampung Melayu dan Tanjung Priok-Pluit itu bisa mulai beroperasi pada tahun depan dengan dana APBD 2011.

Adapun untuk pengadaan bus transjakarta koridor 13, 14, dan 15, Pemprov DKI belum dapat memastikan pelaksanaannya. Hanya saja, Dishub DKI berencana membuat jalan khusus untuk busway (elevated road) dan penggarapan detail engineering design atas koridor tersebut baru akan dimulai pada 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com