Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Transjakarta Malam Baru Saja Dilepas

Kompas.com - 19/03/2011, 01:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bus transjakarta akhirnya dapat beroperasi hingga tengah malam mulai Jumat (18/3/2011) malam tadi.

Seluruh jajaran pimpinan Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta hadir di Shelter PGC 2 saat peluncuran perdana layanan angkutan malam hari (Amari) Transjakarta, dipimpin Kepala BLU TransJakarta, Mohammad Akbar.

Menurut Efna, staf Humas BLU TransJakarta, saat ini Amari Transjakarta baru melayani Koridor IX, PGC Cililitan-Pluit.

"Waktu tempuh PGC Cililitan-Pluit direncanakan selama 60 menit. Sementara headway (jarak antarbus)-nya adalah 10 menit," papar Efna yang ditemui Kompas.com di Shelter PGC Cililitan 2 pada malam perdana layanan Amari Transjakarta.

Waktu tempuh yang jauh lebih cepat tersebut, menurutnya, wajar karena bebas dari potensi kemacetan. Selain itu, jumlah shelter yang disinggahi hanya 14 dan penumpang yang naik-turun pun jumlahnya lebih terbatas.

"Amari TransJakarta akan berangkat dari kedua titik keberangkatan (PGC dan Pluit) sekitar pukul 22.10. Ada enam bus yang akan diberangkatkan dari masing-masing titik keberangkatan," paparnya.

Dengan jarak antarbus 10 menit, waktu tempuh selama 60 menit, dan enam unit bus yang disiapkan dari tiap titik keberangkatan, artinya bus terakhir akan berangkat dari PGC ataupun Pluit sekitar pukul 23.10. Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar bus terakhir mencapai shelter tujuan akhir sekitar pukul 24.00 WIB atau tepatnya pukul 00.10 WIB.

Salah seorang pimpinan BLU menambahkan, untuk saat ini mereka cuma mengoperasikan enam bus dari masing-masing arah. Alasannya, layanan Amari masih dalam taraf uji coba. "Bila memang dibutuhkan, kami siap menambah jumlah armada dan bisa juga waktu operasi," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, layanan bus transjakarta akan ditingkatkan hingga pukul 24.00, khusus untuk rute PGC Cililitan-Pluit. Bus hanya akan menyinggahi 14 dari 25 shelter pada koridor tersebut.

Ke-14 shelter itu adalah PGC 2, Cawang UKI, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Gatot Subroto Jamsostek, Semanggi, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Central Park/Taman Anggrek, Grogol 2, Penjaringan, dan Pluit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com