Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gegana Bersiaga di Arena Kongres PSSI

Kompas.com - 20/05/2011, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang pembukaan Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pukul 14.00 WIB, pengamanan mulai diperketat. Sebanyak 1.100 personel kepolisian disiapkan, termasuk satuan Gegana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Polres Jakarta Pusat Kombes Hamidin saat ditemui di depan gerbang Hotel Sultan, Jumat (20/5/2011).

"Seluruh unsur, mulai dari polda, polres, polsek, termasuk Gegana, diturunkan," ujar Hamidin.

Selain itu, juga dikerahkan kendaraan taktis seperti satu unit barakuda dan 15 anggota POM TNI, serta 200 petugas keamanan PSSI. Pada pelaksanaan kongres kali ini, unsur TNI sengaja dilibatkan untuk menjaga ketertiban kongres sehingga kejadian kerusuhan di Pekanbaru, Riau, pada pra-Kongres PSSI bulan Maret lalu tidak kembali terjadi.

"TNI kami mintakan bantuan untuk pengamanan di kongres," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pintu masuk dari arah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto ditutup untuk umum. Hanya tamu undangan khusus yang diperbolehkan masuk ke area itu.

Salah seorang petugas mengatakan bahwa pengamanan sudah dilakukan Jumat (20/5/2011). Pengamanan dilakukan dalam tiga ring, yakni ring pertama di ballroom hotel, ring kedua pintu Hotel Sultan, dan ring ketiga halaman dalam dan luar hotel area kongres.

Hamidin mengatakan, pada hari ini akan ada 12 aksi unjuk rasa di Jakarta. Namun, 12 aksi tersebut tidak terkait dengan pelaksanaan Kongres PSSI dan akan berlangsung di depan Hotel Indonesia dan di depan Istana Negara.

"Sampai saat ini belum ada permohonan izin demonstrasi yang masuk terkait pelaksanaan Kongres PSSI. Personel kami siap membubarkan aksi demonstrasi yang dilakukan tanpa izin," ujar Hamidin.

Kongres PSSI ini nanti akan dihadiri 100 pemilik suara yang terdiri atas pengurus provinsi dan klub. Sebanyak 19 calon ketua umum, 16 wakil ketua umum, dan 51 anggota Komite Eksekutif PSSI akan bertarung dalam kongres nanti.

Kongres PSSI tersebut diduga akan berlangsung panas. Pasalnya, berkaca pada pra-Kongres PSSI pada akhir Maret di Pekanbaru, kericuhan tidak bisa dihindari. Bahkan, kongres itu diduga ada intervensi dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com