Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traffic Cone, Solusi Separator Semanggi

Kompas.com - 13/06/2011, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan masalah separator di samping Plaza Semanggi, saat ini solusi yang diambil oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya adalah menutup jalan yang dibuka dengan traffic cone. "Kami sudah tiga kali menutup jalan tersebut tapi lagi-lagi dibuka. Jadi kami biarkan masyarakat yang menilai sendiri bagaimana efeknya," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono saat konferensi pers mengenai pembatasan truk di Balaikota, Jakarta, Senin (13/6/2011).

Menurut Pristono, efek dari dibukanya jalan tersebut adalah terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Penutupan dengan traffic cone ini pun diberlakukan mulai pukul 15.00 hingga kemacetan bisa terurai. Sedangkan pada pagi dan siang hari hanya petugas yang berjaga di seputaran jalan tersebut.

"Kami lihat selama sepekan sampai dua pekan dulu. Kami menginginkan ia yang menutup sendiri karena masyarakat sudah keberatan," ujar Pristono.

Mengenai pembangunan jalan alternatif, Pristono mengatakan pasti akan dibuat namun masih membutuhkan waktu. Untuk menyiasati hal tersebut, Pristono menyarankan agar para pengendara dapat merencanakan perjalanan terlebih dahulu.

Ketika ditanya tentang laporan yang diajukan ke Polda Metro Jaya, Pristono mengungkapkan bahwa prosesnya masih berjalan tapi belum ada pemanggilan terhadap pihak Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Sebelumnya diberitakan, LVRI sempat membongkar separator berbentuk Moveable Concrete Barrier (MCB) yang dipasang di samping Plaza Semanggi. Mereka berargumen bahwa dengan adanya separator tersebut mempersulit akses mereka untuk menuju ke Plaza Semanggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com