Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukirno Mudik Bersama Istri dan Lima Anaknya

Kompas.com - 26/08/2011, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap musim mudik Lebaran tiba, sejumlah stasiun kereta api dan terminal bus dipadati para calon pemudik. Tak terkecuali Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Ribuan calon pemudik rela berdesak-desakkan demi satu tujuan: sampai ke kampung halaman.

Salah satunya, dialami Sukirno (34). Lelaki asal Wonogiri, Jawa Tengah itu berencana mudik bersama Karin (28), istrinya, dan kelima anaknya. Setelah sembilan tahun membina rumah tangga, baru kali inilah dia mudik lengkap bersama istri dan kelima anaknya.

Sambil memanggul Irsyad (2) di pundaknya, menggendong Vivi (4) di pinggang kirinya, dan menggendong Iwan (6) di punggungnya, Sukirno tampak berusaha keras melewati antrean panjang dan berdesak-desakan dengan para pemudik lainnya sambil menuntun Ipan (8).

Sementara itu Karin yang dinikahinya tahun 2002, mengendong anaknya yang paling kecil, Nisa (1).

"Luar biasa perjuangannya pas masuk, kami kedorong sana-sini," kata Sukirno, yang sehari-hari bekerja sebagai kuli serabutan di Stasiun Senen, Kamis (25/8/2011).

Sukirno mengatakan, mudik Lebaran kali ini menjadi pengalaman pertamanya bersama istri dan kelima anaknya setelah sembilan tahun membina rumah tangga.

"Kepingin Lebaran di kampung. Biasanya enggak mesti harus Lebaran, karena tahun-tahun lalu anak masih bayi, istri sudah mengandung lagi dan juga masalah keuangan," kata Sukirno yang hanya membeli tiga lembar tiket Kereta Matarmaja.

"Kagak kapok kok, kalau ada rezekinya saya mau mudik lagi tahun depan sekalian kasih adik buat Nisa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com