Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Jejak Napoleon di Batavia

Kompas.com - 02/10/2011, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Historia Indonesia bersama para pecinta sejarah menggelar wisata sejarah menyusuri jejak Napoleon di sejumlah tempat di Jakarta, Minggu (2/10/2011). Jejak itu hampir terlupakan padahal punya sumbangan pula dalam perjalanan sejarah di negeri ini.

Ketua Komunitas Historia Indonesia Asep Kambali mengatakan, wisata sejarah kali ini mengunjungi situs-situs yang terkait dengan Napoleon. "Ini memang bukan kegiatan pertama. Kali ini ada juga tambahan beberapa situs. Kebanyakan sebatas berdasarkan cerita dan sudah hilang," kata Asep.

Situs yang dikunjungi antara lain kawasan Meester Cornelis atau sekarang dikenal sebagai Jatinegara. Waktu itu Kabupaten Jatinegara meliputi Bekasi, Cikarang, Matraman, dan Kebayoran.

Bangunan terkenal di kawasan itu di antaranya Stasiun Jatinegara, gedung eks Kodim Jatinegara, SMP Negeri 14 Jakarta, Pasar Lama Jatinegara, Klenteng Hok Tek Ceng Sin (Klenteng Amurva Bhumi), dan Gereja GPIB Koinonia.

Kisah tentang jejak Napoleon itu ditulis sebagai novel sejarah oleh Jean Roche dalam buku berjudul Perang Napoleon di Jawa 1811. "Entah kesalahan siapa, bagian dari warisan Perancis ini terlupakan. Mudah-mudahan perjalanan ini bisa jadi pengingat," kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com