Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Tercemar Limbah Tinja

Kompas.com - 04/10/2011, 21:18 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Bekasi curiga, ada sejumlah sungai yang tercemar limbah tinja. Pembuangan limbah tinja sembarangan diduga terkait penutupan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Kota Bekasi di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Sumur Batu, selama proyek perbaikan dan pembangunan. 

Kepala BPLH Kota Bekasi, Dadang Hidayat, mengatakan itu  saat meninjau dan mengambil air Sungai Jambe di Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Selasa (4/9/2011).

"Kami mendapat informasi dari warga bahwa ada pembuangan limbah tinja di sini," kata Dadang kepada wartawan.

Informasi itu sedang didalami. Air sungai telah diambil untuk diuji di laboratorium, guna memastikan apakah air mengandung bakteri dan atau tercemar limbah tinja.

Jika dirunut, pembuangan limbah tinja secara sembarangan bisa terjadi sebab IPLT Kota Bekasi di Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, sedang tutup selama proyek perbaikan dan pembangunan.

"Yang jadi pertanyaan, ke mana limbah tinja itu dibuang? Mungkin saja ada yang membuang ke sungai alam," kata Dadang.            

Dadang meminta warga yang mengetahui adanya praktik pembuangan limbah secara ilegal, untuk melapor kepada BPLH, pemerintah, dan atau Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com