Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Situ di Jakarta Tidak Dalam Kondisi Baik

Kompas.com - 05/10/2011, 22:05 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Jakarta kerap mengeluh mengenai banjir yang sering menimpa Jakarta. Namun, sadarkah masyarakat Jakarta akan pentingnya menjaga lingkungan dan memahami daerah resapan air?

Salah satu daerah resapan air di Jakarta berupa situ yang saat ini sekitar 80 persen kondisinya tidak baik. "Jakarta memiliki sekitar 26 situ. Tapi hanya lima situ yang masih dalam keadaan baik," kata Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Alam Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Fakhrurrazi, di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, lima situ yang masih dalam kondisi baik yakni Situ Babakan, Situ Mangga Bolong, Situ Rawa Dongkal, Situ Kelapa Dua Wetan, dan Situ Cilangkap. Adapun beberapa situ seperti Situ Rawa Badung dan Sunter Hulu yang kurang terawat, dan dipenuhi sampah.

"Ada juga beberapa situ yang belum sempurna dari segi luasnya," imbuh Fakhrurrazi. Salah satunya adalah Situ Rawa Badung, yang memiliki luas lima hektar, kini berkurang sekitar 30 persen.

Kemudian Situ Sunter Hulu yang memiliki luas 11 hektar tapi baru dibebaskan sekitar delapan hektar dan baru enam hektar yang digali. Mengenai perawatan terhadap situ dan kondisi situ yang memprihatinkan karena sampah yang menumpuk, ia mengatakan bahwa pihaknya kerap kesulitan mencegah perilaku warga yang membuang sampah sembarangan.

Selain itu, masalah dana juga menjadi kendala tidak adanya perawatan rutin terhadap situ. "Perawatan biasanya dilakukan sekitar 3-5 tahun sekali," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengajukan anggaran pada 2012 mendatang untuk penertiban dan pengerukan di sekitar situ. Nantinya juga akan dibangun jalan di sekeliling situ sehingga mencegah warga mendirikan bangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com