Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Gratis di Hari Penglihatan Sedunia

Kompas.com - 17/10/2011, 17:44 WIB
Banar Fil Ardhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 160 siswa dan 40 guru mendapatkan kacamata gratis pada peringatan Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day), di SMPN 101 Palmerah, Jakarta Barat, Senin (17/10/2011). Program pembagian kacamata tersebut terwujud atas inisiatif Helen Keller International yang bekerja sama dengan Standard Chartered.

Pembagian kacamata juga dilaksanakan di SMPN 38 Tanah Abang dan SMPN 42 Pademangan. Total 515 pasang kacamata dibagikan secara gratis. Pembagian kacamata tersebut merupakan sebuah upaya mendukung program pemberantasan kebutaan. Siswa yang menerima kacamatapun telah diseleksi pihak sekolah sehingga diharapkan bisa tepat sasaran.

"Para penerima kacamata di SMPN 101 adalah siswa yang memang sudah diseleksi dan telah diperiksa sebelumnya. Siswa penerima pun diprioritaskan bagi siswa yang kurang mampu sehingga bisa tepat sasaran," ujar ibu Nurlailah guru SMPN 101 Palmerah.

Memerangi kebutaan merupakan salah satu intervensi kesehatan yang paling efektif dari segi pembiayaan karena 80 persen dapat dicegah melalui pemeriksaan mata sejak usia dini," ungkap Sir John, Chairman Standard Chartered saat pembagian kacamata gratis.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar menjelaskan, "Anak merupakan investasi bangsa, oleh karena itu diperlukan dukungan bagi tumbuh kembang anak salah satunya melalui program pemberantasan kebutaan untuk menjadi anak yang budiman, cerdas dan tangguh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com