Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ulat Bulu Serang Johar Baru

Kompas.com - 29/12/2011, 09:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat menghilang, hama ulat bulu muncul kembali. Ratusan hama ulat bulu itu muncul di sekitar permukiman warga di Jalan Rawa Selatan II RT 02 RW 07 Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Akibat kemunculan ulat bulu tersebut, banyak warga terserang gatal-gatal, karena ulat itu kerap menempel di dinding dan masuk ke rumah warga.

"Iya benar, sudah ada laporan juga dari warga. Kami pun sudah mengecek ke lokasi. Memang sejak Jumat (23/12/2011) lalu, ada ratusan ulat bulu di beberapa pohon yang terdapat di lahan kosong yang terletak di Jalan Rawa Selatan II RT 02 RW 07," kata Sudarmadi, Lurah Kampung Rawa, Rabu (28/12/2011).

Sudarmadi mengaku telah mengecek ke lokasi untuk menindaklanjuti laporan warganya tersebut. Setelah mengecek ke lapangan, pihaknya langsung melaporkan peristiwa tersebut ke Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat.

"Warga juga jadi kebingungan karena banyak ulat bulu yang masuk ke rumah dan menempel di dinding rumah," ucapnya.

Untuk meminimalisasi ulat bulu, pihaknya bersama petugas terkait, pada Selasa (27/12/2011) kemarin, telah melakukan penyemprotan pestisida di kawasan yang menjadi lokasi berkembangnya ratusan ulat bulu tersebut.

"Keadaanya kini sudah bisa dikendalikan. Setelah kami melakukan penyemprotan, ulat bulu tersebut sudah hilang," ujar Sudarmadi.

Walau begitu, dia mengaku akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan untuk menghindari terjadinya kejadian serupa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com