Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauzi Bowo Tutup TPS Ilegal di Ciliwung

Kompas.com - 31/12/2011, 13:06 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Sabtu (31/12/2011), turut melakukan penutupan tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal di bantaran Sungai Ciliwung, RT 16 RW 07, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur.

Dalam acara dengan tema "Satu Hari yang Indah di Sepanjang Ciliwung" yang diselenggarakan berbagai organisasi dengan berbagai latar belakang Fauzi Bowo bersama warga setempat menancapkan tiang larangan membuang sampah di atas gunungan sampah yang terletak di bantaran Sungai Ciliwung. Larangan tersebut dengan maksud menjaga kondisi lingkungan Sungai Ciliwung yang semakin kritis.

"Ya, mudah-mudahan nggak ada lagi ya, yang buang sampah di sini," ujar Foke, Sabtu (31/12/2011), sapaan akrabnya.

Noordiansyah, Ketua RT 16 RW 07 Kelurahan Cililitan, yakin bahwa langkah tersebut efektif menghentikan aktivitas pembuangan sampah warga ke bantaran kali.

"Alhamdulilah ya ini warga nggak akan buang sampah sembarangan lagi. Efektif lah, biar warga tahu Ciliwung supaya bersih seperti dulu. Dulu kan ciliwung bersih," ujarnya sesusai melakukan simbolisiasi dengan Gubernur.

Sementara Jumari, salah seorang Komunitas Pecinta Sungai Ciliwung mengatakan, walau kondisi lingkungan sungai yang dianggapnya sudah kronis, dia beserta seluruh komunitas tetap akan memperbaiki kondisi tersebut secara perlahan untuk mengembalikan Ciliwung bersih seperti sedia kala.

"Kondisinya memang sudah sangat kronis, tapi kami berupaya memperbaiki lah sedikit-sedikit," ujarnya.

Seperti penelusuran Kompas.com, Sabtu (24/12/2011), kondisi Sungai Ciliwung memang sangat memprihatinkan. Berton-ton sampah dengan berbagai jenis ada di sungai terlebar di Jakarta tersebut. Mulai dari sampah plastik, styrofoam, ranting kayu, sampah rumah tangga, bahkan tak aneh kita bisa melihat sofa bekas atau kulkas di atas tumpukan sampah tersebut.

Berdasarkan pengakuan salah seorang anggota Komunitas Pecinta Sungai  Ciliwung, paling tidak terdapat 38 titik tempat pembuangan sampah ilegal di sepanjang Depok hingga Condet, sementara ada ratusan lainnya di sepanjang Bogor hingga Jakarta. Tak heran banyak pihak yang menyindir bahwa sungai yang memiliki panjang aliran sekitar 120 km tersebut adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com