Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Mobil "Xenia Maut" Diketahui

Kompas.com - 25/01/2012, 15:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilik mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI yang dikendarai Afriyani Susanti (29) akhirnya diketahui. Mobil itu ternyata milik Deden Rohendi yang kemudian berganti nama menjadi Buniarti Kosim sesuai dengan surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang terdaftar di unit Registrasi dan Identifikasi Polda Metro Jaya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Rabu (25/1/2012) di Mapolda Metro Jaya. Rikwanto mengatakan bahwa Afriyani awalnya mengaku meminjam mobil itu dari E.

"Awalnya mengaku meminjam dari temannya, E. Tapi saat melakukan identifikasi mobil, ditemukan fotokopi STNK atas nama Deden Rohendi," ungkap Rikwanto.

Deden Rohendi merupakan seorang warga yang beralamat di Jalan Zeni H-20 RT 4/RW 6, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Dialah pemilik pertama mobil itu sampai akhirnya berpindah nama menjadi Buniarti Kosim yang beralamat di Jalan Gading Indah Utara X N 15 RT 3/RW1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. "Jadi yang terakhir punya adalah Buniarti Kosim," kata Rikwanto.

Rikwanto menjelaskan bahwa hingga saat ini polisi masih belum menemukan keterkaitan antara E dan Buntari sebagai pemilik resmi yang terdaftar. "Tersangka ngakunya dari E. Tapi masih kami dalami antara E dan Buntari ini hubungannya bagaimana," ujarnya.

Untuk mengetahui hal itu, kepolisian akan memanggil orang-orang itu untuk dimintai keterangan. Pemanggilan dibutuhkan untuk merangkai keterkaitan peristiwa seutuhnya. "Kepada siapa dia meminjam mobil, siapa pemilik mobil, termasuk kami juga akan cari tahu siapa E itu," pungas Rikwanto.

Diberitakan sebelumnya, Afriyani mengendarai mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI pada Minggu (22/1/2012) bersama tiga temannya, yakni Arisandi (34), Denny M (30), dan Adistira (26), seusai berpesta dari malam hingga pagi di klub malam Stadium, Jakarta Pusat.

Naas, Afriyani kehilangan konsentrasi saat melintas di Jalan Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat. Mobil Afriyani saat itu tiba-tiba melaju kencang dan oleng ke kiri, lalu menghantam tanpa apa ampun sekitar tiga belas pejalan kaki yang baru saja selesai berolahraga.

Sembilan orang tewas, dan empat orang terluka. Sementara itu, semua penumpang di dalam mobil selamat. Mobil yang mengalami kerusakan parah di bagian kaca, bumper depan, dan kap mesin itu kemudian disita aparat kepolisian sebagai barang bukti.

Di bagian kaca mobil yang retak parah masih terdapat rambut-rambut manusia, sedangkan di bagian pintu kiri dan bumper belakang masih terdapat bekas-bekas darah yang mengering. Xenia tersebut merupakan bukti bisu yang menggambarkan dahsyatnya peristiwa pada Minggu siang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com