Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Kuorum, Rapat Paripurna Prijanto Batal

Kompas.com - 25/01/2012, 15:48 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat paripurna tentang pembahasan pengunduran Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diagendakan hari ini tidak terlaksana karena tidak kuorum. Anggota DPRD DKI Jakarta yang hadir kurang dari 75 persen jumlah total anggota DPRD DKI Jakarta yang ada.

"Rapat paripurna ini tidak bisa dilakukan karena tidak kuorum. Karena itu, ini tidak bisa diteruskan," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan saat memimpin rapat paripurna, di ruang rapat paripurna DPRD DKI, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Kuorum rapat paripurna ini tidak terpenuhi karena Fraksi Partai Demokrat yang memiliki 32 kursi di DPRD DKI Jakarta tidak hadir dalam rapat paripurna ini. Padahal, jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak di DPRD DKI Jakarta mengingat saat Pemilihan Legislatif 2004 Partai Demokrat meraih suara terbanyak.

Akibat keputusan ini, fraksi-fraksi yang hadir melakukan serangan kepada pimpinan Dewan yang mengambil langkah untuk membatalkan rapat paripurna. Fraksi-fraksi tersebut, antara lain fraksi Gerindra, Golkar, PDI-P, dan PAN-PKB, menuntut penjelasan dari Ferrial mengapa anggota fraksinya yang memiliki perolehan suara terbanyak justru tidak hadir.

Kemudian fraksi-fraksi ini juga meminta pimpinan Dewan memberi kesempatan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto untuk mengungkapkan alasan pengunduran dirinya di hadapan masyarakat. Namun, tetap saja Ketua DPRD DKI Jakarta bersikeras bahwa rapat tidak akan terlaksana lantaran anggota Dewan tidak memenuhi kuorum.

"Kami tampung semua saran dan kritiknya. Sesuai dengan peraturan, rapat kali ini ditunda," ujar Ferrial sambil mengetuk palu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com