Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Dini Hari Tarif Tol Cijago Berlaku

Kompas.com - 09/02/2012, 21:38 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Mulai Jumat (10/2/2012) dini hari nanti tepat pukul 00.00, tarif Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi I mulai berlaku.

Tarif sudah ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum senilai Rp 3.500 untuk golongan I, Rp 5.000 golongan II, Rp 7.000 golongan III, Rp 8.000 golongan IV, dan Rp 10.500 golongan V.

Tol Cijago Seksi I menghubungkan Tol Jagorawi Kilometer 16 ke Jalan Raya Bogor di Kota Depok.

"Tarif akan berlaku sesuai dengan ketentuan menteri malam ini," tutur Direktur Utama Translingkar Kita Jaya, Bambang Hartanto, Kamis ini. PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) adalah perusahaan konsorsium pengelola Jalan Tol Cijago.

Dia memprediksi, pada tahun pertama akan ada lalu-lintas kendaraan 30.000 per hari di Tol Cijago Seksi I.

Bambang mengatakan, untuk mengatasi kepadatan lalu-lintas di Jalan Raya Bogor, dalam jangka pendek akan bekerja sama dengan pihak Kepolisian Resor Kota Depok.

Sementara solusi jangka panjang, PT TLKJ segera menyelesaikan Seksi II yang menghubungkan Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, Depok, sepanjang 5,5 kilometer.

"Kami akan membuat jalan untuk perputaran kendaraan sehingga tidak memotong langsung jika akan masuk ke jalan tol melalui Jalan Juanda," kata Bambang.

Peresmian Jalan Tol Cijago Seksi I dilakukan pada Jumat (27/1/2012) lalu. Jalan bebas hambatan ini merupakan rangkaian jaringan jalan tol nasional Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2).

Tol Cajago terdiri atas tiga seksi, yang menghubungkan Tol Jagorawi dengan Cinere sepanjang 14,7 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com