Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin, Ratusan Bangunan di Pekojan Dibongkar

Kompas.com - 04/03/2012, 21:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya normalisasi saluran air terus dilakukan aparat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat agar wilayahnya terbebas dari genangan dan banjir. Sebab, masih banyak saluran air di wilayah tersebut yang tertutup bangunan sehingga saat hujan turun menyebabkan genangan dan dan banjir.

Seperti saluran air di RW 10 dan 12, Kelurahan Pekojan, Tambora. Saat ini, di atas saluran air sepanjang 600 meter dengan lebar satu setengah meter itu tersebut berdiri sekitar 100 bangunan yang umumnya dijadikan warga sebagai tempat usaha seperti warung rokok dan makanan serta teras rumah.

Tak mau wilayahnya terus tergenang saat musim hujan, aparat Kecamatan Tambora berencana menertibkan ratusan bangunan tersebut, Senin (5/3/2012) besok.

“Pembongkaran terpaksa dilakukan demi membebaskan kedua wilayah RW tersebut dari genangan saat hujan turun,” ujar Ali Maulana Hakim, Wakil Camat Tambora, Minggu (4/3/2012).

Sebenarnya, kata Ali Maulana, sebanyak 50 bangunan yang berada di atas saluran air di RW 12 sudah dibongkar tahun 2010 bekerja sama dengan Sudin PU Tata Air Jakarta Barat. Namun, tak berselang lama saluran air tersebut kembali tertutup bangunan.

“Semoga dengan dibongkarnya bangunan yang selama ini menutup saluran air tersebut membuat aliran air menjadi lancar sehingga wilayah itu benar-benar terbebas dari genangan setinggi lebih dari setengah meter yang sering melanda wilayah tersebut,” ungkap Ali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com