Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Dua Kain Kafan Sebelum Kepergian Djuli

Kompas.com - 17/03/2012, 21:44 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang menyangka nyawa Djuli Elfano (47), wartawan senior TVRI, justru berakhir di tangan para perampok sepeda motor tepat di depan rumahnya di komplek Villa Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Sabtu (17/3/2012) siang.

Djuli yang ketika itu pamit ke anak-anaknya untuk membeli aki tiba-tiba tewas tergeletak di depan rumah setelah memergoki dua pelaku hendak mencuri motornya. Kepergiaan Djuli, sang tulang punggung keluarga, begitu memukul keluarga kecilnya. Djuli meninggalkan satu orang istri bernama Rika Setyawati (42) dan dua orang putra yaitu Jelang Ramadhan (17) dan Kenang Jenaya (14).

Saat jenazah Djuli tiba di kamar jenazah RS Fatmawati, Rika tak henti-hentinya menangis. Sang istri yang baru saja menjalani pengobatan di bagian jantungnya ini terus didampingi kedua anaknya yang lebih memilih diam di samping sang bunda.

Jelang menuturkan keluarga sama sekali tidak memiliki firasat akan kepergian ayahnya. Namun, ada satu pesan terakhir yang diingat keluarga sebelum Djuli berpulang.

"Jadi sekitar dua minggu lalu, bapak baru pulang umroh. Pas pulang umroh dia beli dua lembar kain terus dia bilang ke Mama kalau dia meninggal dia mau pakai kain itu," ujar Jelang di RS Fatmawati, Sabtu (17/3/2012) malam.

Jelang mengenang ayahnya itu sebagai sosok yang tegas dan disiplin. Kendati demikian, Jelang mengaku kerap melontarkan candaan kepada sang ayah. "Yang paling nggak bisa dilupa yah itu saya suka banget becanda sama Papa," ujarnya.

Pemuda yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) ini mengaku ingat pesan terakhir sang ayah. "Dia bilang harus masuk diterima di kampus yang bagus, makanya saya disuruh belajar keras. Kebetulan sekarang saya mau tes masuk untuk kuliah. Papa selalu support apa pun pilihan anaknya selama itu baik," tandas Jelang.

Djuli Elfano, wartawan senior TVRI, ditembak perampok di depan rumahnya di Villa Bintaro Indah, Jombang, Tangerang, Sabtu, sekitar pukul 13.30. Ia memergoki dua orang pria akan merampas sepeda motornya yang diparkir di depan rumah. Pelaku yang panik karena tepergok lantas melepaskan tembakan ke bagian dada kiri dan menyerempet ke ketiak bagian kanan. Djuli roboh berlumuran darah. Dua orang pelaku melarikan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com