Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakapolri: Kita Lakukan Ini Karena Tugas

Kompas.com - 31/03/2012, 02:50 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Nanan Sukarna turun langsung memantau penyisiran mahasiswa di Gedung Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2012) malam.

Wakapolri menggunakan seragam lengkap dan jaket warna cokelat. Ia tampak serius melihat Gedung GMKI sementara aparat kepolisian menggeledah bagian dalam gedung tersebut.

Ketika dikonfirmasi mengapa polisi melakukan aksi penggerebekan ke Sekretariat GMKI yang saat itu dalam suasana tenang, meski menutup jalan, ia menyatakan polisi hanya menjalankan tugas untuk mengamankan berbagai aksi. "Apa yang kita, polisi lakukan hari ini karena tugas dan tanggung jawab kami," jawab Nanan singkat.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Angesta Romano Yoyol yang juga mengawasi jalannya penyisiran mahasiswa GMKI mengatakan penggerebekan dilakukan karena polisi tidak mau aksi ricuh kembali terjadi di Salemba seperti Kamis (29/3/2012) lalu.

"Kita sadar betul kejadian kemarin, kita mencegah agar yang kemarin tidak terjadi lagi. Kita harapkan, teman-teman yang menyampaikan pendapat, sampaikanlah, tapi jangan sampai menggangggu ketertiban lalu lintas. Kasihan masyarakat kita yang harus lewat jalan ini," kata Yoyol.

Seperti diberitakan, polisi menurunkan 150 anggota pasuka anti huru hara yang datang dengan 8 truk, 1 barracuda, 2 mobil thnan, 15 motor Resmob, 2 unit Range Rover, serta pasukan Gegana ke Sekretariat GMKI. Kedatangan polisi diwarnai dengan bunyi tembakan dan gas air mata. Polisi menangkap 19 orang mahasiswa GMKI dalam penyisiran itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com