Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Siswa Ikuti Kampanye Sehari Tanpa Nasi

Kompas.com - 22/04/2012, 11:03 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Ribuan siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas di Kota Depok, Minggu (22/4/2012), mengikuti kampanye One Day No Rice atau sehari tanpa nasi. Kampanye program ini digelar di lapangan tembak yang jaraknya sekitar 600 meter dari Komando Cadangan Strategis TNI AD, Cilodong, Kota Depok.

Pemerintah Kota Depok mendaftarkan 24.520 peserta kampanye itu sebagai pencatat rekor makan makanan nonberas terbanyak di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Sejak pukul 06.30 pagi tadi, massa sudah berkumpul di area Kostrad. Hadir di Lapangan Tembak, antara lain, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il, Deputi Manager MURI Damian Awan Rahargo, guru, dan puluhan ribu siswa. Masing-masing membawa makanan dari bahan nonnasi dan terigu.

"Acaranya bagus. Membuat senang. Tadi pagi baru makan ayam sama sayur. Hari ini tidak boleh makan nasi, guru yang memberi tahu," tutur Bintang Mohammad Irsad, siswa kelas V SD Kalibaru 4, Kecamatan Cilodong, Depok.

Sayangnya, dia belum banyak mengenal jenis makanan lain yang tidak terbuat dari beras. Bintang hanya tahu makanan itu berbentuk singkong dan ubi.

Pada acara ini, dia membawa ubi dan telur. "Ayah yang masakin dari rumah," tutur Bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com