Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kejar Pengunggah Foto Palsu Korban Sukhoi

Kompas.com - 13/05/2012, 15:57 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantaran mengunggah foto korban kecelakaan dari sebuah situs, seorang berinisial YS dalam pengejaran Kepolisian RI. YS mengunggah foto palsu yang disebutnya sebagai korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100. Karena perbuatannya foto yang beredar lewat BlackBerry Messanger dan jejaring sosial itu meresahkan warga.

"Karena merugikan masyarakat dan keluarga korban, kami akan lakukan penyelidikan dan penelusuran terhadap YS," tutur Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Minggu (13/5) di Rumah Sakit Polri Sukanto, Jakarta Timur.

Foto yang diunggah YS merupakan korban kecelakaan pesawat Air Blue asal Pakistan. Ketika mengunggah foto tersebut, YS menyebut bahwa mereka korban kecelakaan pesawat Sukhoi. Namun belum ada penjelasan mengenai identitas YS lebih jauh.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Roy Suryo mengatakan YS mengambil foto tersebut dari situs Brazil. Isi situs tersebut mengenai korban kecelakaan darat, laut, dan udara. Sangat memungkinkan bagi siapa saja mengunggah foto di situs itu untuk kepentingan apapun.

Hasil penelusurannya, YS menutup akun twitternya sendiri pada hari Sabtu (12/5/2012) malam. Namun demikian Roy mengaku sudah memiliki rekam jejak YS. Jika dibutuhkan dia siap membantu kepolisian untuk memberikan data mengenai YS. Dia meminta siapa pun agar tidak menyalahgunakan teknologi informasi. Sebab sudah ada undang-undang yang mengatur mengenai hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com