Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Harapkan Warga Berpartisipasi dalam Pembangunan Jakarta

Kompas.com - 11/06/2012, 11:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarnaval kembali digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-485 Kota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo langsung menghadiri acara tersebut. Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke mengatakan, Jakarnaval sebagai sebuah acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga Jakarta.

"Acara ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh warga Jakarta. Acara ini merupakan refleksi dari budaya lokal dan juga sanggar-sanggar kebudayaan yang ada di Jakarta," ujar Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, di Jakarnaval, Jakarta, Minggu (10/6/2012).

Foke mengatakan, acara ini tidak hanya menekankan kebudayaan dari Jakarta, tetapi juga mengikutsertakan dan menekankan budaya dari daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Hal ini juga merupakan bagian dari budaya nasional.

"Saya yakin acara ini ada kekurangan-kekurangannya, Saya mohon dapat dipahami karena acara ini tidak lain dan tidak bukan untuk merayakan HUT Jakarta," katanya.

Foke berharap, acara tersebut juga dapat mengikat warga Jakarta untuk lebih erat lagi sehingga persatuan dan kesatuan di Jakarta ini semakin mantap. Foke juga berharap agar kegiatan dalam menyambut HUT Jakarta ini bisa menambah rasa cinta sebagai warga Jakarta terhadap kotanya.

Kalau orang cinta kotanya, kata Foke, mudah-mudahan dalam waktu yang akan datang, pemerintah daerah akan lebih mudah untuk mengajak warga berpartisipasi. Dimulai dari yang sederhana, yaitu berpartisipasi untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan juga untuk berpartisipasi menjaga lingkungan sekitar.

"Hal ini sangat dibutuhkan karena membangun, merawat, memelihara Kota Jakarta ini tidak bisa semata-mata dilimpahkan tanggung jawabnya begitu saja kepada pemerintah. Pemerintah juga membutuhkan partisipasi warga. Hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberdayakan warga," katanya.

"Kalau kita berbicara soal tata kelola pemerintahan yang baik, salah satu unsurnya adalah partisipasi warga masyarakat pada pembangunan kota ini. Media juga saya minta untuk ikut merayakan HUT Jakarta karena media stakeholder Kota Jakarta," kata Foke.

Dirgahayu Jakarta!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com