Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Asing Itu Patahan Besi dari Pabrik Baja

Kompas.com - 22/06/2012, 11:57 WIB
Ali Sobri

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil pemeriksaan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), benda asing yang jatuh di Nagrek, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (21/6/2012), merupakan patahan besi baja. Patahan tersebut diduga berasal dari PT Mandiri Union Sejati, perusahaan pabrik baja yang letaknya tidak jauh dari lokasi jatuhnya benda tersebut.

Penegasan bahwa benda itu merupakan besi juga diungkapkan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Bapeten menyatakan bahwa tidak terdapat pancaran radiasi di sekitar lokasi.

Setelah mendapat kepastian benda tersebut bukan bagian dari meteorit, pihak kepolisan setempat kini ikut menyelidiki peristiwa yang sempat menghebohkan warga itu. Kepala Polsek Balaraja Ajun Komisaris D Perwira mengatakan, besi tersebut merupakan bagian dari turbin di PT Mandiri Union Sejati. Pabrik baja ini berjarak satu kilometer dari lokasi jatuhnya benda tersebut.

Pada waktu yang bersamaan, ada laporan bahwa mesin turbin di pabrik baja tersebut sedang mengalami kerusakan. "Ada mesin yang patah dan terlempar dari pabrik baja yang waktu kejadiannya sinkron dengan peristiwa tersebut. Dugaan kami, besi itu berasal dari sana (PT Mandiri Union Sejati)," katanya kepada Kompas.com, Jumat pagi.

"Sampai kini masih kami kembangkan kasusnya karena belum ada lagi kepastian dari pihak pabrik tersebut," tambahnya.

Patahan besi tersebut dilaporkan jatuh dari udara pada Kamis kemarin sekitar pukul 05.00 WIB. Benda seberat 100 kilogram itu sempat tertanam sedalam satu meter, tetapi pihak kepolisian berhasil mengangkatnya dan memeriksanya lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com