Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Aksi Teatrikal Tolak Pembangunan PLTU

Kompas.com - 04/07/2012, 14:28 WIB
Mundri Winanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan membawa replika perahu nelayan puluhan aktivis Greenpeace mendantangi kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia di Tugu Tani, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Mereka mendesak agar KKP tidak memberikan izin pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara di kawasan konservasi laut daerah Pantai Ujungnegoro-Roban, Batang, Jawa Tengah.

Pemerintah berencana membangun PLTU batubara terbesar di Asia Tenggara. Menurut mereka batubara adalah bahan bakar terkotor di planet ini, selain penyumbang utama gas rumah kaca, pembakaran batubara juga menyebabkan polutan yang bisa membahayakan kesehatan.

"Rencana pemerintah untuk membangun PLTU batubara terbesar di Asia Tenggara menunjukan keengganan pemerintah untuk menghentikan ketergantungan yang sangat tinggi terhadap bahan bakar fosil," ungkap Leader Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara Arif Fiyanto.

Mereka menilai pengalihan kawasan konservasi laut daerah menjadi PLTU jelas melanggar undang-undang dan mengancam nasib ribuan masyarakat Batang yang menggantungkan hidup dari hasil laut. Selain itu pemberian izin pembangunan PLTU bertentangan dengan prinsip blue economy yang diusung oleh KKP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com