Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Mudik Terlambat, Penumpang Mengeluh

Kompas.com - 13/08/2012, 17:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas arus mudik Lebaran tahun 2012 mulai terasa di Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, Jakarta Timur. Namun, di balik hiruk-pikuk aktivitas tersebut, rupanya masih banyak ketidakpuasan para calon penumpang, terutama terhadap jadwal keberangkatan bus.

Muhammad Kartono (24), menjadi salah satu pemudik yang mengungkapkan kekecewaannya. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai Konveksi tersebut akan pulang ke Cepu, Jawa Tengah. Ia dan lima saudaranya terpaksa berpanas-panas sambil menunggu bus yang sudah satu jam tak juga datang.

"Di jadwalnya jam 15.00 WIB, tapi sampai sekarang belum datang-datang juga," ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui di ruang tunggu calon penumpang, Senin (13/8/2012).

Kartono mengungkapkan, setiap Hari Raya Lebaran, dirinya selalu menyempatkan untuk pulang ke kampung halaman. Namun karena tiket kereta ludes, tahun ini ia terpaksa beralih ke moda transportasi bus. Bukan pelayanan baik yang didapat, malah suasana tak nyaman yang diterimanya.

"Mau gimana lagi, nunggu aja lah. Beda kan soalnya sama kereta," ujarnya.

Kondisi serupa juga dialami Titi (40), warga Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Anak-anaknya sudah mengeluh karena bus PO Kramat Jati, jurusam Pamekasan, Jawa Timur, tak kunjung datang. Ia yang hanya mudik bersama dua anaknya, karena sang suami bertugas sebagai anggota TNI, itu kecewa atas keterlambatan bus.

"Setiap tahun begini, nggak ada perubahan, selalu terlambat. Jadwalnya jam 13.00 WIB, tapi sampai sekarang belum datang. Padahal saya bayar mahal, sampai Rp 416 ribu. Mau marah-marah juga percuma," ujarnya.

Sementara, Ani (32) yang mudik bersama seorang anaknya ke Kebumen, Jawa Tengah, mengaku juga kecewa atas keterlambatan bus. Namun dia bisa memaklumi keterlambatan itu. Pasalnya, kondisi demikian hanya terjadi saat hari raya.

"Menurut tiket sih jam 16.00 WIB, tapi memang nggak bisa dipastikan kalau Lebaran. Kita sih maklum aja ya, kalau hari biasa nggak kok," ujarnya.

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1433 H, pemerintah memang melalui berbagai instansi melakukan berbagai persiapan. Mulai dari kelaikan bus, tes kesehatan sopir hingga pengetatan keamanan. Kesesuaian jadwal bus pun menjadi harapan para pemudik, agar Lebaran kali ini berjalan lancar dan bisa bersilahturahmi dengan sanak saudara di kampung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com