Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Bus AKAP Tidak Laik Jalan di Terminal Kalideres

Kompas.com - 17/08/2012, 15:52 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kenyamanan, dan keselamatan para pemudik, Dinas Perhubungan sejak H-7 jelang Hari Raya Idul Fitri sudah melakukan uji laik kepada bus-bus yang akan mengangkut para pemudik. Dari pemeriksaan tersebut terdapat 14 bus yang tidak laik jalan.

"Rata-rata kerusakan bus yang tidak layak karena ban yang sudah gundul," kata Kepala Regu Terminal Kalideres, Rudolf Gultom, Jumat (17/8/2012).

Ia mengatakan, bus-bus yang dinyatakan tidak laik jalan itu dikembalikan ke pool untuk lakukan perbaikan. Jika sudah diperbaiki bus-bus tersebut kembali mengikuti tes uji laik kendaraan itu untuk dioperasikan kembali.

Selanjutnya, Kepala Terminal Bus Kaliders Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Hengki Sitorus mengatakan, uji kelaikan ini dilihat dari KIR/ STNK yang masih berlaku, alat pembersih kaca (wiper) yang masih berfungsi, lampu-lampu, sistem kemudi, baut-baut roda, as roda, tabung pemadam, alat pemukul kaca serta emisi gas yang laik.

Mengenai pengemudi yang juga sering kali menjadi pemicu kecelakaan, pihaknya juga mengecek SIM dan bekerja sama dengan dinas kesehatan dan BNN untuk melakukan tes urine.

"Untuk hari ini ada dua bus yang tidak laik, yang satu karena salah satu kacanya retak, dan yang satu STNK-nya mati. Kalau urine baru satu yang terindikasi positif menggunakan ganja, yang lainnya hipertensi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com