Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Hotel dan Mal Jadi Tempat "Pelarian"...

Kompas.com - 23/08/2012, 09:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sam Timisela (31), warga Cibubur, Jakarta Timur, langganan setiap libur Lebaran datang selalu memboyong keluarganya ”pindah” ke hotel berbintang di kawasan Jakarta Pusat.

”Alasannya, agar lebih praktis saja karena segala fasilitasnya sudah tersedia di hotel. Hitung-hitung liburan bersama keluarga,” kata Sam, kepada Kompas, Rabu (22/8/2012), di Jakarta.

Sam lebih memilih tinggal di hotel daripada tetap di rumah dengan menyewa tenaga inval atau tenaga pengganti untuk pembantu rumah tangga (PRT) selama Lebaran. Apalagi jika harus kerepotan sendiri mengurus keperluan rumah tangga bersama istrinya. Padahal, anaknya juga masih balita.

Sebagai pengusaha muda, uang tak menjadi persoalan jika ia harus menginap di hotel selama Lebaran. Termasuk juga jika ia harus menyewa tenaga inval. ”Pertimbangannya, saya belum tahu seperti apa kerja dan latar belakang tenaga inval. Buat saya, yang penting nyaman dan praktis saja tinggal di hotel,” lanjutnya.

Nila (35) juga memiliki alasan yang sama. Ia memilih menghabiskan waktu libur Idul Fitri 1433 H dengan mengunjungi pusat perbelanjaan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

”Pembantu rumah tangga saya orang sini. Meskipun tidak mudik, tetapi dia libur 10 hari sejak dua hari sebelum Lebaran. Jadi, di rumah repot banget. Saya dan suami akhirnya berbagi tugas mengurus anak-anak dan rumah,” ujar Nila, sambil menggoyang-goyang kereta bayinya agar anak bungsunya tak rewel, Selasa (21/8/2012) lalu.

Habiskan waktu

Sejak hari kedua Lebaran, Nila dan keluarganya sudah dua kali mengunjungi mal. Mereka menghabiskan waktu untuk makan-makan, menemani anak-anak bermain, atau menonton film bioskop.

Sambil makan, warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, itu bersama suami mengawasi dua anaknya yang tengah bermain.

Di mal, Nila dan suaminya bisa memilih menu apa pun tanpa perlu repot memasak di rumah. Anak-anak pun bisa leluasa bermain di arena permainan. Nila bersama keluarganya mengaku seharian jika rekreasi di mal. Datang pagi pukul 11.00, pulang setelah maghrib. Sampai di rumah mereka tinggal tidur.

Hal serupa dilakukan Seny (31), warga Klender, Jakarta Timur. Ia juga mengajak kedua anaknya berjalan-jalan ke mal di kawasan Jakarta Selatan karena alasan yang sama.

”Kamis sudah masuk. Jadi, repot sekali kalau harus mengurus rumah,” kata Seny, yang mengaku harus berbagi pekerjaan rumah tangga dengan sang suami.

Sejak ditinggal mudik pembantu rumah tangganya, Edgar Sudirman (36), yang tinggal di Puri Kedoya, Jakarta Barat, setiap harinya jalan-jalan di mal sambil memilih makanan siang atau malam, bersama istrinya, Meri Indriana (29).

Tingkat hunian naik

Direktur Komunikasi Hotel Mulia Romy Herlambang mengakui, tingkat hunian saat libur Lebaran di hotelnya meningkat 90 persen dari 996 kamar yang tersedia. Padahal, jika liburan akhir pekan, tingkat hunian hotelnya hanya 60 persen.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com