Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada! Jalan Ambles di Jalan Sudirman

Kompas.com - 18/09/2012, 18:20 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pengendara mobil dan sepeda motor harus waspada saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, dari arah Semanggi menuju Bundaran Hotel Indonesia. Ada bagian jalan yang ambles tepat di belokan menuju jalur lambat di depan Wisma Sudirman.

Pantauan Kompas.com di lokasi, jalan yang ambles masih merupakan bagian dari jalur hijau yang memisahkan antara jalur lambat dan jalur cepat. Jalan ambles dengan kedalaman sekitar 1 meter dan menciptakan lubang besar sekitar 4 meter x 2 meter.

Akibat terbongkarnya aspal yang melapisi jalan itu, fondasi dalam jalanan pun terlihat. Tampak satu bongkah pipa pembuangan berukuran besar mencuat di antara lubang besar itu.

Imbas dari amblesnya jalan ini, arus lalu lintas dari arah Semanggi menuju Bundaran HI  tersendat. Kendaraan dari arah jalur cepat menuju jalur lambat harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok  ke dalam lubang.

Menurut salah seorang saksi mata, Salmun (74), pedagang di sekitar lokasi kejadian, jalan tersebut ambles Senin sekitar pukul 22.00 seusai hujan lebat yang berlangsung sekitar 30 menit. "Tiba-tiba aja ada bunyi seperti benda bergesek dan ambruk. Kejadiannya cepat, begitu saya lihat ke asal suara, jalan sudah ambruk," ujar Salmun, Selasa (18/9/2012), di lokasi kejadian.

Pada saat kejadian, arus lalu lintas sedang lengang sehingga tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Meski demikian, Salmun mengatakan, setelah jalanan itu ambles, tidak ada satu pun petugas Dinas Pekerjaan Umum yang memperbaikinya. Ali Sabana, petugas keamanan Wisma Sudirman, menuturkan, petugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta datang sekitar pukul 14.00. "Baru saat itu, mereka pagarin lubangnya pakai tali warna kuning. Sebelumnya dibiarkan saja menganga," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com