Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasyid Siapkan Data Admin TrioMacan2000

Kompas.com - 24/09/2012, 17:08 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum staf khusus Menteri Perekonomian, Abdul Rasyid, mengaku sudah menyiapkan sejumlah data terkait admin situs www.triomacan2000.net. Data-data itu nantinya akan diberikan ke penyidik Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya.

"Sudah coba kami telusuri sendiri sebenarnya siapa admin website Trio Macan 2000 ini. Data sudah kami pegang, dan nantinya akan diberikan ke penyidik," ujar kuasa hukum Abdul Rasyid, Dedi Kurnia, Senin (24/9/2012), usai melapor ke Polda Metro Jaya.

Saat ditanya lebih lanjut, Dedi masih merahasiakan siapa sebenarnya admin website yang menuduh Abdul Rasyid bersama dua temannya, yakni Syahganda Nainggolan dan Raden Nuh sebagai akun twitter yang kerap menyebarkan informasi soak korupsi tersebut.

"Jangan, ini nantinya jadi konsumsi penyidik. Kami juga menunggu kepolisian untuk mengungkap pakai caranya sendiri, data ini untuk membantu penyidik," kata Dedi lagi.

Kendati demikian, Dedi memastikan bahwa admin website Trio Macan 2000 berbeda dengan akun twitternya. "Berbeda, Twitter dan website dikelola orang yang beda," tuturnya.

Sementara itu, Rasyid mengaku dirinya tidak tahu motif di balik penyebutan namanya sebagai admin akun twitter @TrioMacan2000 itu. Ia mengatakan, dirinya menyerahkan kasus ini sepenuhnya ke aparat kepolisian.

"Kami akan kawal sampai kasus ini terungkap. Dan kami minta situs itu ditutup karena sudah menyebarkan fitnah," kata Rasyid.

Diberitakan sebelumnya, Abdul Rasyid melaporkan admin situs www.triomacan2000.net ke Polda Metro Jaya terkait dengan kasus dugaan fitnah dan penyebaran informasi yang tidak benar melalui media online. Rasyid melapor admin yang statusnya masih dalam penyelidikan itu dengan Pasal 31 dan Pasal 311 KUHP, serta Pasal 27 juncto Pasal 45 Ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Situs www.triomacan2000.net pada tanggal 21 September 2012 lalu memuat sebuah tulisan berjudul "Siapa Triomacan2000? Berikut Admin Operator Sekaligus Misinya". Tulisan itu memaparkan riwayat Syahganda Nainggolan, Abdul Rasyid, dan Raden Nuh yang disebut-sebut sebagai admin akun twitter @TrioMacan2000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com