Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Penelusuran Admin Triomacan2000.net Bakal Alot

Kompas.com - 24/09/2012, 20:53 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Admin pengelola situs www.triomacan2000.net dilaporkan staf khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Abdul Rasyid atas dugaan fitnah dan pencemaran nama baik. Namun, penelusuran admin akun website ini diperkirakan akan berlangsung alot.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menyatakan penyidik Cyber Crime Polda Metro Jaya akan berusaha melacak pemilik situs itu.

"Kami akan berusaha melacak siapa sebenarnya mereka ini apakah satu orang pakai inisial Triomacan atau sekelompok orang pakai Triomacan ini, atau dia buat banyak akun untuk berganti-ganti setiap berikan statement," ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Senin (24/9/2012).

Namun, ia mengakui bahwa pelacakan siapa admin situs ini memerlukan waktu yang tidak singkat lantaran berhadapan dengan dunia maya. Rikwanto juga menjelaskan bahwa pelacakan melalui IP Address juga tidak semudah yang diperkirakan.

"Permasalahannya, siapa saja bisa membuat IP address tapi the real name-nya siapa. Bukan berarti orang isi data IP address dengan jujur, dia bisa buat apa saja," kata Rikwanto.

Sebelumnya, Abdul Rasyid melaporkan admin situs www.triomacan2000.net ke Polda Metro Jaya karena namanya tercantum dan disebut-sebut sebagai pengelola akun twitter @TrioMacan2000 bersama Syahganda Nainggolan dan Raden Nuh. Menurutnya, informasi yang diberikan pengelola situs tersebut tidak benar.

Rasyid melapor admin yang statusnya masih dalam penyelidikan itu dengan Pasal 31 dan Pasal 311 KUHP, serta Pasal 27 juncto Pasal 45 Ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun, situs www.triomacan2000.net pada tanggal 21 September 2012 lalu memuat sebuah tulisan yang berjudul "Siapa Triomacan2000? Berikut Admin Operator Sekaligus Misinya".

Tulisan itu memaparkan riwayat Syahganda Nainggolan, Abdul Rasyid, dan Raden Nuh yang disebut-sebut sebagai admin akun twitter @TrioMacan2000.

Kuasa hukum Abdul Rasyid, Dedi Kurnia mengatakan pihaknya sudah memiliki data admin situs tersebut. Dari hasil penelusuran yang dilakukan timnya, IP address milik situs www.triomacan2000.net berasal dari luar negeri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com